Senin, 23 Oktober 2017

Tips dan Trik Merencanakan Liburan Keluarga Tanpa Ribet

Kayaknya udah lama banget yaa saya ngga bahas mengenai hal-hal yang berbau wisata. 😊 Nah, kali ini saya pengen banget berbagi mengenai Tips dan Trik Merencanakan Liburan Keluarga Tanpa Ribet. Berbeda dengan liburan sendirian yang bisa santai langsung berangkat ke mana yang kalian suka, liburan bareng keluarga haruslah direncanakan. 😉 Bepergian dengan banyak orang dan semuanya punya keinginan yang berbeda bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan tanpa perencanaan yang matang. Berikut adalah tips dan trik liburan bareng keluarga supaya bisa pulang dengan lega :


Rencanakan Sejak Jauh Hari

Informasikan kepada keluarga kalian sejak beberapa waktu sebelum keberangkatan agar bisa mengatur jadwal dengan baik. 😀 Berikan beberapa opsi tanggal keberangkatan dan lama liburan, kemudian sesuaikan dengan jadwal ujian dan sekolah bila ada anggota keluarga yang masih menempuh pendidikan.

Sepakati Tempat Tujuan

Tidak hanya kota yang akan dituju untuk menghabiskan liburan, sepakati juga destinasi-destinasi wisata yang akan dikunjungi. Berikan beberapa pilihan tempat wisata beserta alasan mengapa ke sana. Bila perlu, lakukan voting untuk mengambil suara terbanyak mana saja tujuan yang bisa dikunjungi. 😄


Terima masukan dari anggota keluarga jika mereka punya ide akan melakukan apa. Jika memang sesuai dengan rencana liburan kali ini, mengapa tidak menerima urun pendapat dari mereka. Dari ide destinasi ini, bisa terbayang moda transportasi apa yang harus dipakai untuk menuju ke tempat tujuan. 😌 Bisa jadi beberapa tempat harus menggunakan moda pesawat kecil seperti Kalstar Aviation, yang tentunya akan mengubah skema liburan dan juga budget.

Anggarkan Budget

Liburan bersama keluarga memerlukan budget yang tidak sedikit. Hitung dengan teliti, berapa biaya yang diperlukan selama liburan, mulai dari urusan transportasi hingga biaya makan dan oleh-oleh.  😊 Jangan lupakan untuk menghitung biaya masuk ke tempat wisata yang akan dituju, agar tidak terjadi pembengkakan atas biaya yang tidak diperhitungkan sejak awal.


Yang harus dipikirkan sejak awal adalah budget transportasi. 😓 Tidak hanya untuk berangkat dan pulang, tapi juga biaya transportasi darat dan jika perlu siapkan dana untuk moda pesawat kecil seperti Kalstar Aviation. Lebih baik dilebihi beberapa persen untuk budget transportasi, daripada harus tersiksa selama perjalanan darat dengan jalan rusak yang pasti bisa mengubah mood liburan.

Hotel atau Sewa Villa/ Apartemen

Jawabannya sebenarnya tergantung pada jumlah peserta liburan. Jika hanya keluarga inti dengan jumlah anggota kurang dari sepuluh orang, apartemen menjadi pilihan terbaik daripada menyewa kamar hotel.


Namun jika rombongan lebih dari sepuluh orang, villa atau menyewa guest house bisa jadi pilihan yang lebih ekonomis. Sementara hotel jadi pilihan jika peserta lebih dari satu keluarga namun masing-masing dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dan ingin privasi yang terjaga. 😊 Akan tetapi, memilih villa atau guest house adalah sebuah pilihan bijaksana untuk liburan bareng-bareng semacam ini. Karena selain lebih hemat, juga bisa saling mengakrabkan satu sama lain karena berkumpul dalam satu rumah.


Konsumsi

Seperti pemilihan lokasi menginap, pertimbangkan juga urusan konsumsi sesuai dengan jumlah dan karakter peserta. Jika ingin berhemat, masak sendiri di penginapan bisa jadi alternatif. Namun tak ada salahnya untuk booking resto keluarga di tempat tujuan, agar bisa menikmati kuliner lokal yang tidak bisa dimasak sendiri. 😋


Setelah semua perencanaan dan persiapan selesai, segera booking tiket Kalstar Aviation untuk menuju lokasi liburan kamu bareng keluarga. Memesan tiket sejak jauh hari akan membuatmu hemat beberapa puluh persen ketimbang memesan langsung sebelum berangkat. 😌

Rencanakan liburan dengan baik, pulang pun hati bahagia. 😉
Posting Komentar