Minggu, 19 Maret 2017

Visit Tidore Island - Mengenal Kuliner Kota Tidore

Visit Tidore Island - Kota Tidore adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Maluku Utara. Dari jaman dahulu, Tidore ini terkenal dengan rempahnya berupa cengkeh dan pala yang sering diincar oleh bangsa Portugis. Pasti teman-teman masih ingatkan pelajaran sejarah dulu jaman SD? Saya sendiri sih sangat ingat. πŸ˜€ Hingga pada akhirnya Tidore kemudian merdeka dari kependudukan bangsa Portugis bertahun-tahun yang lalu.
Nah, sesuai dengan judul diatas, bagi pecinta kuliner pasti sudah tidak sabaran untuk mengetahui apa sih kuliner dari kota Tidore ini? Tenang, beberapa kuliner Tidore recommended akan saya bahas disini. Kalau teman-teman ada kesempatan jalan-jalan ke Tidore, jangan lupa kulineran dengan makanan rekomendasi saya dibawah ini ya. 😊

Papeda

Papeda ini adalah salah satu makanan pokok pengganti nasi khas dari Tidore yang bentuknya semacam bubur. Makanan ini terbuat dari tepung sagu dan dicampur dengan air panas sehingga teksturnya agak mengental. Papeda ini biasanya disajikan bersama sayur kuah kuning atau kuah soru. Kuah sayurnya berwarna kuning dan bahan lauknya adalah ikan laut, seperti ikan kakap. Saya sendiri pernah mencoba makanan ini saat saya berada di kota Ambon. Cara mengambilnya menggunakan sumpit, dan rasanya, benar-benar nikmat guys. Apalagi jika disantap saat masih hangat-hangatnya. πŸ˜‹
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Papeda
Sumber: www.indonesiamagz.com
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Ikan Kuah Kuning
Sumber: www.jdfoodiary.blogspot.com
Papeda tidak hanya dimasak untuk dimakan dirumah, namun Papeda ini sering disajikan ketika ada hajatan atau acara besar yang diselenggarakan. Untuk mencari Papeda ini bisa dibilang juga tidak mudah, karena yang menjualnya pun tidak terlalu banyak karena biasanya masyarakat lokal lebih senang memasak Papeda ini dirumah sendiri.

Gohu Ikan

Nah, Gohu ini adalah makanan dari Tidore yang kalau di Jepang, makanannya itu seperti sashimi. Gohu ini dibuat dari ikan tuna mentah pada umumnya. Jika tuna sedang tidak musim, ikan cakalang bisa menjadi pengganti untuk dimakan walaupun teksturnya tidak semulus tuna. Jadi, daging tuna segar ini (baca: mentah) dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan diperas dengan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Kemudian ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Jantung Pisang dan Gohu
Sumber: www.jdfoodiary.blogspot.com
Selain itu, beberapa orang juga menyantap Gohu bersama jantung pisang yang sudah dicacah, dicampur dengan daun kemangi, bawang merah, cabai, garam, minyak panas, dan yang terakhir ikan roa. FYI, ikan roa ini banyak berasal dari Manado dan sudah berbentuk ikan asap yang dikeringkan, lalu kemudian ditumbuk kasar. Masyarakat Tidore sendiri banyak mengkonsumsi Gohu ini bersama roti sagu, yakni sagu yang dibakar dan dicetak seperti bentuk roti yang kotak. Roti sagu sangat mudah ditemukan bahkan di warung-warung kecil sekalipun.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Ikan Roa Ditumbuk
Sumber: www.jdfoodiary.blogspot.com
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Roti Sagu dan Gohu
Sumber: www.jdfoodiary.blogspot.com

Karedok Kohu-Kohu

Makanan ini sama saja dengan Gohu diatas berusan. Tidak jauh berbeda. Namun, biasanya Kohu-Kohu ini dinikmati bersama singkong rebus atau bahasa lokalnya "kasbi". Kohu-Kohu dijadikan makanan sehari-hari, baik itu untuk dikonsumsi sekeluarga ataupun untuk acara perayaan besar seperti pesta pernikahan atau syukuran.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Karedok Kohu-Kohu
Sumber: www.kompas.com
Sama seperti Gohu, Kohu-Kohu ini menyerupai urap tapi isiannya jauh berbeda karena terbuat dari campuran sayuran mentah yang diaduk secara bersama dengan kelapa parut. Sayuran Kohu-Kohu, seperti kacang panjang, taoge, dan daun kemangi, diaduk bersama irisan bawang merah mentah, kelapa parut, dan ikan cakalang. Agar lebih enak sebelum disantap, Kohu-Kohu lebih dulu diberi perasan air jeruk lemon cina agar ada rasa asam segar yang khas.

Gatang Kenari

Hampir semua masakan di wilayah Maluku termasuk Tidore melibatkan kenari. Baik sebagai bumbu ulek, maupun dirajang kasar. Maklum, Maluku Utara adalah penghasil kenari. Kenari memberi tambahan cita rasa gurih, di samping juga mengayakan tekstur masakan maupun minuman. Nah, salah satunya adalah Gatang Kenari alias kepiting kenari juga merupakan kuliner yang bisa dicoba. Saking mantapnya, harga kepiting kenari ini cukup mahal. Yang berukuran super (sekitar 2 kilogram bobot hidup), dihargai sekitar 350K IDR. Sayangnya, satwa ini terbilang langka. Syukur-syukur kalau kita bisa menikmati rasanya. Kini, kebanyakan kepiting kenari ditangkap di alam di Halmahera, lalu dijual ke beberapa restoran khusus. So, bagi yang ingin mencicipi makanan ini bisa langsung datangi restoran khusus yang ada di Tidore. 😊
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Gatang/ Kepiting Kenari
Sumber: www.beritahati.com

Pisang Bebe

Pisang yang satu ini merupakan asli khas dari Maluku Utara termasuk kota Tidore. Disebut Pisang Bebe karena buah pisang ini berbentuk mulut bebek yang tipis dan memanjang. Teksturnya yang liat dan renyah dengan rasa sepat dan manis tanpa kadar air tinggi membuat pisang ini cocok disandingkan sebagai hidangan pengganti nasi. Bagi teman-teman yang berkunjung ke Tidore, sebaiknya wajib mencicipi makanan ini karena Pisang Bebe ini tidak ditemukan di sembarang tempat. Pisang ini hanya tumbuh di daerah Maluku Utara. 
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Pisang Bebe
Sumber: www.pikiran-rakyat.com
Bukan cuma bentuknya yang unik, makanan yang disajikan dari pisang ini pun cukup menarik. Pisang Bebe yang masih setengah matang dikupas dan diiris tipis memanjang, kemudian digoreng di minyak dengan tingkat panas tertentu. Setelah pisang ini nampak cukup renyah, pisang akan ditiriskan. Sepintas memang terlihat seperti keripik pisang, namun saat teman-teman mencicipinya, kalian akan merasakan perbedaannya ketika disajikan. Bahan pelengkap sajian pisang goreng mulut bebek adalah sambal colo-colo. Selain itu, semangkuk kecil ikan teri asin dan kacang kenari pun ditambahkan demi kenikmatan sajian ini.

Kue Lapis Tidore

Makanan ini, yakni Kue Lapis Tidore sering menjadi favorit masyarakat Tidore bahkan sangat diminati oleh pengunjung dari luar Tidore. Terbuat dari bahan telur dan gula pasir beserta rempah-rempahnya seakan memberikan kenikmatan yang mampu menggugah selerah. Kue Lapis Tidore ini juga tidak kalah enak lho dengan produk luar negeri seperti pizza, karena makanan ini tidak hanya dijumpai saat lebaran atau hajat-hajat, tetapi juga bisa di temukan di toko kue dan toko kuliner lainya di kota Tidore.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Kue Lapis Tidore
Sumber: www.faysh.blogspot.com

Lalampa

Lalampa adalah makanan sejenis kue khas Tidore yang terbuat dari tepung ketan dan didalamnya diisi dengan ikan tongkol yang sudah dicincang. Sekilas kue lalampa ini mirip dengan kue lemper namun isi dan cara membuatnya berbeda.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Lalampa
Sumber: www.bahrudin240693.esy.es

Ikan Bakar Dabu-Dabu

Menu masakan ikan bakar memang sangat spesial apalagi ikan yang dibakar mempunyai aroma yang dapat mengundang selera makan. Nah, itulah Ikan Bakar Dabu-Dabu. Cita rasa yang timbulkan sangat gurih, lezat dan nikmat. Daging ikan yang digunakan adalah daging ikan baronang. Ikan baronang merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat digemari dan sangat mudah ditemukan diperaian yang terdapat karang. Kandungan gizi pada ikan baronang antara lain protein, lemak, energi, mineral dan vitamin.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Pisang Bebe
Sumber: www.cookpad.com

Nasi Jaha

Nasi Jaha terbuat dari beras ketan dan beras putih biasa yang di masak dengan menggunakan batang bambu. Cara membuatnya pun cukup mudah, bambu yang sudah di isi dengan campuran beras ketan dan beras putih tersebut kemudian dimasak dengan cara dibakar sampai matang dan mengeluarkan aroma yang sangat khas. Nasi Jaha ini oleh masyarakat Maluku Utara biasa di makan sebagai pengganti nasi biasa. Berbagai macam lauk bisa di padukan dengan Nasi Jaha ini dan rasanya cukup gurih.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Nasi Jaha
Sumber: www.ksmtour.com

Sayur Lilin

Sayur Lilin adalah makanan khas Maluku Utara termasuk Tidore yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Tanaman ini sangat mudah di jumpai dan tumbuh dengan subur di daerah ini dan memang dibudidayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar. Sayur ini sangat cocok bila disandingkan dengan makanan Papeda.
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Sayur Lilin
Sumber: www.arissosilo.wordpress.com

Sagu Lempeng

Sagu Lempeng adalah salah satu jenis makanan yang proses pemasakannya dengan cara dibakar di dalam cetakan yang terbuat dari batu atau tanah liat yang disebut dengan forna sehingga menghasilkan lempengan sagu berwarna kecokelatan. Sebenarnya, bukan hanya berwarna kecokelatan saja sih, tapi ada juga yang berwarna merah muda agar tampilannya lebih menarik. Sagu Lempeng biasanya dimakan sebagai camilan ringan bersama dengan kopi ataupun teh. Rasanya agak sedikit keras, jadi berhati-hatilah bagi teman-teman yang tak bisa makan-makanan yang keras!
Visit Tidore Island - Kuliner Tidore: Sagu Lempeng
Sumber: www.detik.com

Posting Komentar