Thursday, October 25, 2018

5 Tempat Objek Wisata di Mamuju Yang Bikin Saya Terkesan

Sudah lebih setengah tahun kerja di Mamuju (Sulawesi Barat), akhirnya sekarang saya punya kesempatan untuk menceritakan beberapa tempat bagus yang ada di kota ini. Tentu, semua tempat ini punya kesan tersendiri bagi saya. 

Kalau kamu yang baca tulisan ini belum pernah sama sekali ke Mamuju, dan entah kapanpun itu kamu dikasih kesempatan untuk datang ke kota ini, mungkin beberapa tempat yang saya sebutkan dibawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk jalan-jalan selama berada di Mamuju. Dan ya, berikut 5 tempat objek wisata di Mamuju yang bikin saya terkesan :


1. Hutan Mangrove


Saat itu 13 Oktober 2018 pagi, saya bersama rombongan pegawai kantor Tampa Padang Mamuju berangkat menuju Hutan Mangrove. Kami kesana dalam rangka rekreasi, sekalian beramal juga dengan melakukan penanaman pohon mangrove. Jarak lokasi hutan ini cukup dekat dengan bandara Tampa Padang, sehingga kami tidak banyak menghabiskan waktu di bus selama perjalanan.


Momen ini jujur saja adalah momen pertama saya rekreasi bareng teman-teman kantor Tampa Padang. Seketika ada perasaan bangga dalam diri saya karena bisa kerja dan terlibat dengan mereka semua selama setengah tahun belakangan. Saya benar-benar menikmati liburan saat itu dengan banyak mengabadikan gambar. Apalagi memang banyak spot bagus yang bisa dijadikan objek foto.





Selain spot, bagusnya hutan mangrove ini juga adalah tempatnya yang sejuk dengan jembatan bambu kayu yang berfungsi sebagai pijakan pengunjung untuk menikmati rimbunnya pepohonan. Terdapat fasilitas gazebo ala rumah pohon juga lho. Cocok banget dipake buat santai dan ngumpul.


2. Rangas Beach


Jujur saya cukup bingung sih menjelaskan pantai ini. Karena kayaknya di Rangas itu ada 2 pantai deh. Ini saya ngomong sebagai orang pendatang aja yaa. Jadi ceritanya 15 September 2018 lalu, saya minta tolong ke teman saya yang memang asli Mamuju untuk nemenin saya jalan-jalan. Terserah deh kemana. Dan temen saya itupun merekomendasikan Pantai Rangas untuk dikunjungi, karena selain jaraknya ngga jauh dari kota, tempatnya juga terbilang baru.



Pas kita kasih tau ke sopir kalau kita mau ke Pantai Rangas, ternyata sopirnya salah mengira. Dikiranya Pantai Rangas yang temen saya maksud adalah pantai rangas pada umumnya yang banyak dikunjungin orang-orang. Karena itu, kita sempat mutar haluan dan kesasar sedikit. Tapi untungnya kita sampai juga ke Pantai Rangas yang temen saya maksud. Dan akhirnya si bapak sopir ngangguk-ngangguk aja karena baru tahu soal Pantai Rangas alias Rangas Beach ini.



Rangas Beach konsepnya hampir sama dengan Hutang Mangrove karena menggunakan jembatan kayu bambu juga sebagai pijakan pengunjung untuk menikmati keindahan tempatnya. Dan juga, Rangas Beach ini bukan tempat yang kita bisa bebas main pasir dan air. Kenapa? Karena aksesnya yang tidak dibuat untuk melakukan itu guys. Jadi kita cuma bisa jalan di sepanjang jembatan kayu bambu tadi. Ini sih tempatnya cocok banget buat yang hanya ingin sekedar foto-foto, karena spot-spotnya cukup bagus.


3. Pantai Manakkara


Pantai ini merupakan bagian dari teluk Mamuju, tempat Pelabuhan Batu berada. Layaknya Losari di Makassar, begitupun Manakkara yang dijadikan sebagai point interest di Mamuju. Lokasinya yang berada di kota, menjadikan pantai ini dekat dengan banyak fasilitas hiburan seperti Mall Maleo Town Square dan Hotel Maleo.


Sepulangnya dari Rangas Beach, masih di tanggal yang sama, saya dan teman saya tadi mampir ke Pantai Manakkara ini. Panoramanya yang indah bikin siapapun tertarik untuk berkunjung. Apalagi, terdapat Pulau Karampuang yang menjadi latar belakangnya sehingga menjadikan pantai jadi lebih eksotis. Ada pula spot yang menarik menurut saya adalah pada gong perdamaiannya. Dan jelas, saya menyempatkan diri untuk berfoto disini.


4. Landmark Mamuju City


Menurut saya, rasanya ngga sah berada di Mamuju kalau belum bertandang ke Landmark Mamuju City ini. Kenapa? Ini landmark lho, yang namanya landmark pastinya adalah sesuatu yang dijadikan kebanggaan dari suatu tempat atau wilayah. Seperti Jakarta dengan monasnya, Surabaya dengan patung sura dan bayanya, Palu dengan jembatan kuning ponulelenya, begitupun Mamuju dengan tulisan Mamuju City-nya.


Jauh sebelum hari itu tiba, sebenarnya setiap berkesempatan jalan di area kota saya selalu dipertemukan dengan tulisan "Mamuju City" dari kejauhan. Sekali dua kali ngelihat, yang muncul cuma rasa penasaran aja sih. Eh, setelah beberapa kali, saya kok jadinya pengen banget kesana ya? Landmark itu seakan ngelambai-lambai gitu lho ke saya sambil bilang "Kesini Yan, kesini Yan!" Uh, saya cuma bisa bergumam dalam hati, "Saya harus kesana suatu hari."


Dan yaaa, hari itu pun datang. 24 Juli 2018 siang, saya menyempatkan ke tempat ini disela-sela kerjaan. Waktu itu posisinya saya lagi hunting material untuk keperluan food court Bandara Tampa Padang Mamuju. Karena ada hal yang mengharuskan saya nunggu, maka jadilah saya memanfaatkan momen "nunggu" itu ke landmark Mamuju City. Alhamdulillahnya saya ngga menikmatinya sendiri, melainkan bareng 3 rekan kantor, yang kita kesananya naik mobil.



Menariknya tempat ini adalah, ternyata landmark ala hollywood yang bertuliskan Mamuju City ini telah memperoleh rekor MURI sebagai landmark terpanjang dengan panjang 160 m dan tinggi 16 m di HUT RI ke-69. Letaknya di kawasan tinggi Anjoro Pitu (Kelapa Tujuh), berdekatan dengan Sapota' (rumah jabatan Bupati Mamuju). Tempat ini menurut saya benar-benar bagus karena kita bisa ngeliat view kota Mamuju dari atas.


5. Pantai Lombang-Lombang


Sedikit mengenai pantai ini, Lombang-Lombang berada di kecamatan Kalukku, Sulawesi Barat. Disini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pantai yang luas. Ada gazebo juga yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai dan berteduh. Selain itu, aktifitas yang lain bisa kamu lakukan antara lain seperti bermain pasir, sepak bola, voli pantai, dsb.


Jaraknya juga sangat dekat dari Bandar Udara Tampa Padang lho. Walaupun dekat, tapi kenyataannya saya pribadi belum pernah mendatangi point interest dari pantai ini. Hehe. Saya hanya nikmatin panoramanya dari pinggiran pantainya saja, terutama kalau saya ditugasin ngecek kerjaan proyek di lapangan. Tapi jangan salah, meski cuma dari pinggiran pemandangannya tetap bagus lho. Apalagi kalau sunset.

Post a Comment