Wednesday, December 5, 2018

5 Tahun Akan Datang, Akan Jadi Apa Blogger Anging Mammiri Menurut Saya

Minggu 2 Desember 2018, hari dimana kami dari komunitas Blogger Makassar, yakni Blogger Anging Mammiri sepakat untuk merayakan anniversary komunitas kami yang ke-12 di Mama Toko Kue Makassar. Saya yang baru saja tiba sehari sebelumnya dari Mamuju, sangat excited untuk hadir di acara ini. Kenapa? Karena selain seru-seruan, acara anniversary ini dirangkaikan dengan sesi belajar persoalan blog, yakni belajar mengenal authority blog  yang dibawakan oleh Kak Herman Yudiono dari www.hermanyudiono.com.


Well di kesempatan kali ini, saya bukan mau berpanjang lebar membahas keseruan atau materi authority website yang kami dapatkan saat merayakan anniversary kemarin. Melainkan, saya akan membahas mengenai “5 Tahun Akan Datang, Akan Jadi Apa Blogger Anging Mammiri Menurutmu?” Rada serem ya? Saya sendiri waktu disuruh milih salah satu diantara beberapa gulungan kertas pertanyaan seputar Blogger Anging Mammiri, ngga nyangka banget lho bisa dapat pertanyaan seserius ini.

Berandai-andai bisa kan ya? So, dengan apa yang saya rasain sekarang ini, dengan apa yang saya jalanin selama bergabung menjadi anggota di Blogger Anging Mammiri, saya rasa di 5 tahun kedepan Blogger Anging Mammiri akan lebih hebat dari tahun sekarang. Iya dong. Come on, sekarang internet sangat mendominasi. Bahkan istilah generasi XYZ atau generasi millenial sering menjadi trending di tahun ini. Lalu, bagaimana di 5 tahun kedepan? Can you imagine that?

Saya optimis Blogger Anging Mammiri bisa lebih besar, bisa lebih menaungi, bisa lebih solid kedepannya. Apa yang membuatnya begitu? Tak lain karena komunitas ini dibutuhkan. Semakin sesuatu itu dibutuhkan oleh banyak orang, maka semakin mudahlah sesuatu itu untuk menjadi besar. Right? Oke, saya akan coba memprediksi seperti apa Blogger Anging Mammiri ini dari 2 sisi.



Secara eksternal, kita semua udah pasti tau kalo nantinya internet yang sifatnya instan dalam mendapatkan informasi, pasti akan lebih dibutuhkan dibandingkan hal-hal yang bersifat konvensional. Ngga usah nanti deh, sekarang aja kita udah rasain. Memang blog belum tentu menjadi yang terdepan nantinya. Namun yang pasti, blog akan menjadi salah satu alat yang sangat dicari untuk mengakses informasi secara cepat karena blogger banyak memberikan konten yang dibutuhkan.

Nah, dari sini tentunya para agency atau perusahaan akan menghubungi para blogger untuk membantu mereka memasarkan produknya. Ya ngga? Dan dengan adanya komunitas blogger, agency atau perusahaan ini tentu makin akan terbantu karena mereka ngga perlu lagi susah-susah mencari blogger perorangan. Sekali ngontek, langsung dapet info blogger yang banyak dari berbagai niche sesuai kebutuhan si agency.

Saya ngerasa, bisa jadi di 5 tahun mendatang, perusahaan atau agency akan lebih memilih beriklan lewat blogger dibandingkan beriklan lewat baliho, atau bahkan tv dan radio karena biaya untuk beriklan lewat blogger tidak semahal media-media tsb. Sampai sini kebayang kan, seperti apa komunitas Anging Mammiri ini nantinya? Insya Allah makin menjadi wadah yang baik untuk ngais rejeki. Asyiiik.



Siapa sih yang ngga mau bertahan dalam komunitas yang membuat dirinya makin besar, makin membuat dirinya bisa tercukupi dari segi pengetahuan apalagi finansial? Rasanya ngga ada. Sekalipun ada, mungkin dia ngga merasa "in" di komunitas itu.

Menurut saya, untuk tetap konsisten di dunia blog, kamu harus punya passion didalamnya. Ini mah wajib sih menurut saya. Kalau ngga, kegiatan blog kamu susah untuk bertahan lama. Biasa ada yang nanya, gimana kalau kamu punya passion tapi tetap susah untuk konsisten? Saya, kalau dikasih pertanyaan begini, jawaban saya itu cuma satu, "berkomunitaslah". Kalau setelah berkomunitas dan masih ngga ada perubahan, saya rasa masalahnya ada di kamu.

Saya sering nemu kalau ada banyak orang di Makassar yang suka nulis. Mereka punya blog hanya saja ngga keurus. Padahal, kalau saja mereka mau berkomunitas pasti kegiatan blog mereka akan jadi lebih baik. Mungkin sekarang Blogger Anging Mammiri belum bisa merangkul orang-orang ini karena usaha yang kami lakukan kadang kurang mendapat feed back sesuai dengan yang kami harapkan dalam mengembangkan internal komunitas Blogger Anging Mammiri sendiri.


Namun saya percaya, Blogger Anging Mammiri 5 tahun kedepan bisa lebih baik dalam merangkul orang-orang yang suka nulis untuk keep in blogging karena seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa blogger ini dibutuhkan seiring berkembangnya kemajuan teknologi internet. Ada banyak orang yang berharap bisa mendapatkan sesuatu yang menguntungkan dia dari kegiatan blog. Dan saya rasa, bukan suatu hal yang mustahil Blogger Anging Mammiri mampu mewujudkan impian mereka mengingat komunitas ini termasuk komunitas yang cukup lama bertahan hingga 12 tahun.

Di 5 tahun kedepan, saya ngerasa makin banyak anggota berasal dari anak-anak muda baru yang lebih bersemangat lagi ngeblognya dari kita-kita ini yang generasi tua di Blogger Anging Mammiri. Anggota Anging Mammiri semuanya akan lebih kompak, lebih banyak membuat kegiatan positif, dan lebih banyak membuat anggotanya terberdayakan. Buktinya, ngga sedikit anggota Blogger Anging Mammiri yang berprestasi di skala nasional bahkan sukses dalam dunia blog.


So, buat kamu yang suka ngeblog, saya saranin banget untuk berkomunitaslah di komunitas blog. Kalau kamu di Makassar, kalian bisa banget join di komunitas Blogger Anging Mammiri. Setiap bulan kami biasanya mengadakan berbagai kegiatan yang bisa dihadiri oleh peserta umum selama peserta tsb memiliki blog.

Sorry ya, mungkin tulisan ini arahnya lebih ke campaign untuk join komunitas Blogger Anging Mammiri soalnya saya emang seniat itu. Saya optimis makin banyak blogger yang gabung di komunitas ini, maka komunitas ini akan terus hidup, akan terus beregenerasi. Ngga rela banget rasanya liat komunitas ini mati. Dan di 5 tahun kedepan, semoga anggota Blogger Anging Mammiri lebih banyak lagi karena makin banyak anggota, makin banyak peluang untuk komunitas ini menjadi lebih besar dan lebih hebat. Aamiin.

Happy Anniversary Blogger Anging Mammiri Ke-12





signature-fonts
Keep in touch with me
Instagram : @suryanipalamui
Post a Comment

About

authorAssalamualaikum. Saya Yani, seorang blogger yang bekerja di dunia Arsitektur.
Selengkapnya →



Newsletter