Sabtu, 02 September 2017

Cegah Jantung dan Kolesterol Sedini Mungkin

Sudah 6 bulan lebih saya di Makassar, dan hampir selama itu pula saya eksis di media event dan blogger. Undangan saya udah ngga bisa kehitung. Disuruh datang kesana, kesini. Disuruh cobain sana cobain sini, semua saya hantam. 😆 Keliatan banget rakusnyaa. Saya sempat merasa khawatir sama kesehatan saya. Apalagi, dari jaman SMP saya sudah belajar merantau, jauh dari orang tua hingga sekarang.


Sampai detik ini saya hampir ngga pernah masak sendiri saat tinggal indekos. Makanan semuanya beli di luar. Kalau lagi kere, saya irit banget ngeluarin uang untuk keperluan makanan. Iritnya bukan malah mencoba masak sendiri, tapi malah dengan membatasi porsi makanan tidak seperti biasanya. Kebayang ngga hidup saya kayak gimana? Kesehatan saya gimana? Padahal, diusia muda seperti ini seharusnya kita memang harus menjaga kesehatan kan?

Kalau boleh bercerita sedikit, papa saya sudah meninggal sejak saya kelas 1 SMP. Papa saya terkena serangan jantung di usianya yang menginjak kepala 4. Jantung memang bukan penyakit turunan, tapi keluarga saya banyak yang punya riwayat penyakit jantung utamanya di keluarga papa. Sedangkan mama sendiri, diusianya yang sudah kepala 5, sekarang sudah terkena kolesterol. Mama pernah bilang ke saya waktu saya masih kuliah dulu, "Yani, jaga kesehatan. Jangan makan-makan sembarang. Jangan keseringan makan makanan instan. Perbanyak olahraga, makan sayur dan buah." Saya yang dinasehati seperti itu sih awalnya saja sadar. Lama kelamaan, balik lagi dengan hidup saya yang makanannya kebanyakan super instan ditambah pola hidup saya yang ngga teratur karena keseringan begadang. 😓

Area Registrasi Peserta Termasuk Undangan

Kalau mau dibilang sebenarnya sayapun masih ogah-ogahan dalam masalah menjaga kesehatan. Kadang kalau aware saya datang, makanan saya terjaga. Tapi kalau tidak, mie instan sekali makan itu bisa sampe 3 bungkus saya habiskan. 😜 Sampai akhirnya kemarin, Minggu 27 Agustus 2017 pukul 08.00 saya mendatangi sebuah event Gerakan Jantung Sehat: Indonesia Tangkal Kolesterol 2017 bersama Nutrive Benecol bertempat di Four Points by Sheraton Makassar. Menurut saya, ini undangan eventnya pas banget dengan kegalauan saya dalam mengatur pola makan dan dalam memilih jenis makanan. Saya penasaran banget pengen tahu mengenai kolesterol dan jantung. Takutnya saya punya penyakit itu dalam tubuh saya yang ngga saya sadari. 😅

Sumpah, di lokasi event suasananya rame banget. Acara ini didominasi oleh para orang tua. Gimana ngga, disini semuanya lengkap. Kita bisa ngecek kolesterol, ngecek jantung, ngecek kadar asap rokok dalam paru-paru, ada demo cooking, ada senam B-Fit 2.0, stand-standnya juga oke banget. Saya paling kepincut sama stand foto ala-ala dunia upside down gitu. Dan tentunya ada stand dari Nutrive Benecol itu sendiri.

Photo Booth Ala Upside Down di Event Nutrive Benecol

Bagi yang belum tahu, jadi Nutrive Benecol dari Kalbe Nutritionals merupakan produk yang diformulasikan untuk membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung koroner. Mengapa? Karena Nutrive Benecol kaya akan kandungan Plant Stanol Ester yang memang dipercaya ampuh untuk turunkan kolesterol. Caranya adalah dengan mengkonsumsi botol Nutrive Benecol ini sebanyak 2 botol dalam sehari.

Talkshow Indonesia Tangkal Kolesterol

Acara talkshow di event ini juga keren banget lho, karena kita bisa mengetahui banyak tentang jantung dan kolesterol dari para ahlinya. Baik itu berupa pencegahan, hingga kitapun bisa bertanya langsung ke para ahli tsb. Saya sendiri cukup dibuat merinding mengenai kesehatan jantung dan kolesterol. Betapa bodohnya saya selama ini mengesampingkan hal-hal seperti ini. Masuk di ruangan talkshow, membuat saya mendadak aware lagi dengan kesehatan saya. Kali ini pokoknya kesehatan saya harus dijaga, karena saya punya banyak banget cita-cita yang pengen saya wujudkan. Apalagi keluarga saya sangat membutuhkan saya sebagai tulang punggung keluarga.

Suasana Talkshow Indonesia Tangkal Kolesterol

Menurut salah satu narasumber pada talkshow ini mengatakan bahwa penyakit jantung bisa terjadi karena adanya plak pada dinding pembulu darah arteri seseorang. Nah, plak yang menumpuk ini menjadikan peredaran darah kita tidak lancar sehingga bisa memicu terjadinya pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Dan tahu ngga kalian? Penyakit jantung ternyata ngga hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut saja lho. Bahkan yang masih mudapun juga bisa kena. Oleh karenanya kita mesti waspada. Semuanya sangat beresiko. Apalagi dengan gaya hidup zaman sekarang yang lebih banyak mengutamakan kenikmatan instan dibanding kesehatan.

Disampaikan juga bahwa manajemen emosi dan stress itu penting. Kalo ini sih, saya ngga begitu kepikiran karena saya selalu mencoba memandang hidup dari sudur pandang positif sehingga bawaan saya bahagia teruuuus. Eaaa. Eh, lanjut lagi. Jadi, kamu salah banget kalau mengatakan bahwa sakit itu penyebabnya dari makanan saja. Ngga sama sekali. Karena pikiran juga berpengaruh banget. Makanya kalo lagi emosi, diekspresikan aja. Jangan dipendam. Kalau dipendam justru efeknya tubuh akan bereaksi sebagai peralihan.

Waktunya Cek Jantung dan Kolesterol

Selepas talkshow, maka saya memberanikan diri untuk mengecek kolesterol dan kesehatan jantung saya. Jujur saya takut banget kalau saya punya gejala tsb. Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa keluarga saya ada riwayat jantung dan kolesterol. Lalu bagaimanakah dengan saya? Perasaan maju mundur itu ada banget. Tapi akhirnya saya maju walaupun harus berhadapan dengan jarum suntik sebanyak 2 kali karena memang sampel darah kita harus diambil.

Pengecekan Jantung dan Kolesterol

Dan hasilnya, deg deg deg...
Kolesterol saya dan jantung saya normal. Yeeeaaay. Untuk kolesterol, saya berada di angka 156 yang mana angka tsb merupakan angka normal dan tidak terjangkit penyakit kolesterol. Sedangkan jantung, saya diberitahukan oleh mbanya bahwa alhamdulillah jantung saya sehat bahkan hingga 10 tahun kedepan.

Hehe, sumpah demi apa saya bahagia banget. Saya sampe janji di hari itu bahwa saya akan menjaga pola makan sehat supaya ngga kena penyakit-penyakit berbahaya seperti 2 penyakit tadi. Apalagi mbanya juga bilang kalo saya musti rajin-rajin olahraga. Hehe.


Jadi, buat kamu-kamu yang lagi baca tulisan ini, saya sih saranin untuk ngecek kesehatan kamu terutama jantung dan kolesterol. Kenapa? Karena sebenarnya penyakit jantung seperti jantung koroner dan kolesterol ini banyak disebabkan oleh gaya hidup di masa kini yang cenderung instan lho. Apalagi zaman sekarang itu semuanya serba online. Kita sampe dimanjain dengan kemajuan teknologi, tapi di waktu bersamaan sebenarnya juga sedang numpuk penyakit kalau kita nggak bijak menyikapinya. Ngeri banget kan?

SEHAT

Bagaimana dong kalau kita pengen mencegah penyakit jantung sedini mungkin? Menurut Yayasan Jantung Indonesia, ada (5) Panca Usaha agar jantung kita tetap sehat. Kelima hal tersebut disingkat “SEHAT” yang juga cara-cara ini merupakan Cara Enak Turunkan Kolesterol:

  1. Seimbangkan Gizi, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi tentunya. Jangan keseringan makan makanan instan.
  2. Enyahkan Rokok. Mengenai rokok saya jadi teringat cerita teman saya bahwa keluarganya da yang divonis menderita penyakit pada area paru-paru. Fatal banget parah penyakitya. Dan itu hanya karena keluarganya itu tinggal di lingkungan yang orang-orangnya ngerokok. Padahal doi sendiri bukan perokok lho. Miris banget yaa?
  3. Hadapi & Atasi Stress. Kalau ini saya cukup stabil sih menghadapinya, karena saya punya banyak kegiatan atau aktifitas positif yang menjadi wadah penyaluran emosi saya. Saya pantang banget stres apalagi galau. Haha. Galau? Sorry yaaaah.
  4. Awasi Tekanan Darah. Setiap ada kesempatan sebaiknya kita ngecek karena tekanan darah berpengaruh terhadap kesehatan kita.
  5. Teratur Berolahraga. Ini nih, yang mesti saya rajin lakukan. Kalau jalan kaki sih, saya aman-aman aja karena ngga ada kendaraan pribadi membuat saya mau tidak mau harus melakukan jalan kaki. Tapi kalau olahraga lari, itu saya yang ngga mampu. Tapi bolehlah saya coba demi kesehatan.

Apa itu Nutrive Benecol?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa Nutrive Benecol ini mampu membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung koroner. Terdapat dua varian Nutrive Benecol, Nutrive Benecol Smoothies kemasan botol siap minum dan kemasan sachet dalam bentuk bubuk sereal. Baik kemasan botol ataupun sachet, keduanya mengandung Plant Stanol Ester. Jadi kalau kita rutin mengonsumsinya 2 botol perhari, dalam 2-3 minggu dapat membantu menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

Asiknya selain rendah lemak dan bebas lemak trans, Nutive Benecol juga diperkaya 11 vitamin dan 5 mineral yang bagus untuk sistem metabolisme tubuh. Karena merupakan  paduan gandum, oat, dan jelai (barley), Nutrive Benecol juga mengenyangkan serta tinggi serat pangan larut Inulin. FYI, 2 sachet Nutrive Benecol (Plant Stanol Ester 3.4 g) itu setara dengan 6 mangkuk Oats (Beta Glucan 3 g) lho. Ngga heran kalau produk Kalbe Nutritionals ini telah teruji manfaatnya dalam mengurangi kolesterol dalam tubuh.


Sampai Jumpa di Event Selanjutnya!

Buat kamu-kamu yang pengen cek kolesterol dan jantung serta pengen info menarik seputar hal tersebut bisa banget lho datang di acara serupa di kota berikutnya. Kota itu antara lain di Bandung (23 September 2017), dan Jakarta (08 Oktober 2017). Info lebih lanjut bisa dicek Instagram @nutrivebecol_id yaa.

Saya Bersama 2 Orang Teman Blogger
Posting Komentar