Jumat, 17 Maret 2017

Media Gathering Bersama Danone Indonesia

Hari itu, tepatnya Selasa 7 Maret 2017 kemarin saya berkesempatan menghadiri acara Media Gathering bersama Danone Indonesia sebagai seorang blogger. Acara ini dilaksanakan di Condotel Hotel Karebosi yang dimulai sejak pukul 09.30 WITA. Saya seperti biasanya, dengan semangat menghadiri acara ini. πŸ˜†


Tiba di lokasi, saya langsung disuguhkan dengan test kecil dari Danone. Test ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar masyarakat mengenal produk Danone. Saya pribadi sih, lebih kenal Danone melalui produk minumannya, yaitu Aqua. Padahal, ternyata Danone sendiri itu banyak memiliki produk yang bukan dari produk minuman dan pastinya bukan hanya Aqua saja. πŸ˜€


Setelah test itu saya kerjakan, masuklah kami di acara inti yakni perkenalan Danone itu sendiri. Danone merupakan perusahaan makanan dan minuman globalyan berpusat di Paris, Perancis yang memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui produknya kepada sebanyak mungkin orang. Bisnis Danone terdiri atas 4 kategori utama yaitu produk susu segar, air, nutrisi awal kehidupan dan nutrisi medis. Hadir di 130 negara dimana lebih dari setengahnya adalah negara-negara berkembang. Adapun portfolio Danone meliputi merek internasional seperti: Activia, Actimel, Danette, Danonino, Danio, Evian, Volvic, Nutrilon/ Aptamil, Nutricia dan merek lokal seperti: Oikos, Prostokvashino, AQUA, Bonafont, Mizone, Bledina, Cow & Gate.

Sejarah Danone

Danone terbentuk karena pada tahun 1919, Isaac Carasso prihatin terhadap banyaknya anak-anak Spanyol yang menderita infeksi usus sehingga beliau mulai mempelajari temuan dari penelitian fermentasi laktat oleh Ilya Mechnikov yaitu yoghurt. Maka jadilah Isaac Carasso membuka pabrik yoghurt pertama di Spanyol, dan meluncurkan produk pertamanya dengan merek Danone yang berasal dari nama anaknya Daniel yang biasa dipanggil "Danon".

Danone di Indonesia

Danone di Indonesia terdiri dari tiga kategori utama yaitu minuman AMDK (AQUA & VIT) dan minuman ringan non karbonasi (Mizone, Levite), nutrisi untuk kehidupan awal (Nutriciaa dengan produknya Nutrilion Royal dan Bebelac serta Sarihusada dengan produknya SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil), serta nutrisi medis. Danone di Indonesia juga memiliki 24 pabrik dan 15 depot yang tersebar dan mempekerjakan 15.000 karyawan.


Komitmen Danone

Komitmen ganda Danone yaitu sukses bisnis haruslah sejalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan sosial diimplementasikan dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan, yaitu:

  • Menjaga kehidupan awal melalui program edukasi dan pengembangan komunitas
    Taman pintar (taman air menari sarihusada, zona PAUD barat dan timur dan zona air AQUA merupakan sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar), warung anak sehat (124 titik di Indonesia dan telah melatih 270 guru lewat 124 pelatihan), PAUD 1000 anak bangsa (revitalisasi 21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah), duta 1000 hari pertama kehidupan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
  • Melindungi daerah aliran sungai, meningkatkan kualitas, kuantitas dan akses air
    Konservasi (250 lubang biopori dan sumur resapan, 19 taman kehati, 2 juta pohon tertanam), restorasi irigasi pertanian (lebih dari 6000m saluran irigasi direhabilitasi dan 28 pintu air terpasang), meningkatkan akses air bersih bagi komunitas di sekitar wilayah operasional, praktik pertanian berkelanjutan.
  • Mengurangi CO2, kemasan yang ramah lingkungan
    Penurunan rasio kemasan, daur ulang kemasan, memastikan pemasok menghormati prinsip sosial dan lingkungan HAM. Danone Indonesia berhasil mengurangi CO2 sebanyak 22% sejak tahun 2008.
  • Menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan

Danone juga banyak bagi-bagi hadiah saat acara itu. Ada kompetisi live tweet, ada Q&A, dan undian. Pokoknya seru. Beberapa teman blogger saya menang di kompetisi itu. Saya sendiri tidak memenangkan kompetisi itu satupun πŸ˜‚. Walaupun begitu, saya cukup senang dengan makanan dan goodie bag yang diberikan 😍. Makasih Danone.





Posting Komentar