Selasa, 21 Februari 2017

Jadi Pemateri Workshop Blog

Kalau kemarin-kemarin saya selalu jadi peserta di setiap event, berbeda dengan beberapa hari yang lalu di tanggal 19 Februari 2017, saya akhirnya menjadi salah seorang pemateri di sebuah event yang diselenggarakan oleh Komunitas Pecandu Aksara. Yah, saya hampir tidak menyangka kalau akan secepat ini menjadi pematerinya. Apalagi saya bergabung di komunitas tersebut masih terbilang baru (awal Januari 2017) dan saya merasa masih banyak kekurangan untuk menjadi seorang pemateri dibanding dengan teman-teman lain di Pecandu Aksara. Yah, walaupun begitu, ending ending-nya sayalah yang dipilih mereka dan dipercaya untuk menjadi pemateri pada event Blogging Workshop for Newbie, yakni bagaimana cara membuat dan menulis kreatif di blog.


Flashback sedikit, awalnya saya cuma share postingan blogku mengenai Go-Box di grup komunitas Pecandu Aksara. Saya minta kepada teman-teman di grup untuk berkomentar di blogku mengenai postingan itu. Dari situ, banyak dari mereka yang bilang kalau blogku itu bagus, dan rapi. Yah, saya sih tidak memungkiri hal itu πŸ˜‚. Bagaimana tidak, bereksperimen di blog ini sudah saya lakukan sejak 2013 hingga sekarang. Sering gonta ganti template sampe modifikasi tampilan blog yang ribet-ribetpun sudah pernah. Semuanya murni ilmunya saya dapat melalui google, hingga akhirnya saya memantapkan diri dengan template ini. Intinya, karena banyak yang bilang blogku bagus, maka mereka langsung menunjuk saya untuk jadi pemateri blog. Dan memang kebanyakan dari mereka belum punya blog dan ingin mengetahui cara membuat blog sampai membuat blog mereka terlihat cantik.

Di event itu saya share mengenai motivasi nge-blog sebagai pembuka. Saya bilang ke mereka kalau blog itu adalah alat untuk membranding diri kita. Kenapa begitu? Karena saya sendiri mengalaminya. Saya cerita pengalaman ke mereka kalau saya pernah diterima kerja oleh suatu perusahaan karena pihak perusahaan tsb tertarik dengan blogku. Dan dengan adanya blog sebagai alat personal branding, maka kita sebagai pemilik blog pasti akan mati-matian berjuang untuk membuat tampilan blog kita terlihat menarik. Kita pasti akan mati-matian membuat tulisan yang berkualitas dan kreatif. Itulah gunanya hadir di worshop yang kubawakan ini.

Serius Jadi Pemateri Blog πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Sumber: Dokumentasi Pecandu Aksara
Saya kemudian lanjut memperlihatkan blogger terbaik menurut versiku dan juga menunjukkan blogger yang saya jadikan role model dalam nge-blog kepada mereka. Hal ini saya lakukan supaya mereka juga bisa terpancing untuk mencari blogger yang bisa menjadi inspirasi mereka. Menurut saya, menentukan blogger sebagai role model kita itu sangat penting, supaya kita bisa termotivasi dalam menjalani aktifitas nge-blog. Supaya blog kita tidak kehilangan arah dan punya panutan. Sama halnya ketika seorang penulis mulai menerbitkan karyanya, tidak mungkin ia berhasil menerbitkan karya tanpa membaca karya orang lain. Pastinya karya orang lain tersebut secara tidak langsung bisa menjadi role model-nya. Rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pastinya sangat diterapkan dalam hal ini. Begitu pula dengan blog.

Btw, blogger yang menjadi inspirasiku ada 5. Yaitu Dinda Puspitasari (Art Design Blogger), Diana Rikasari (Fashion Blogger), Arry Rahmawan (Self Development Blogger), Zilqiah Angraini (Photography Blogger), dan Mugniar (Inspiring Blogger). Mereka itu semuanya asli orang Indonesia, bahkan dua orang diantara mereka adalah Blogger Makassar yang juga satu komunitas denganku. Saya sendiripun juga bangga jadi bagian Blogger Makassar Anging Mammiri.

Setelah itu, akhirnya workshop pun saya mulai. Saya memperlihatkan step by step cara membuat blog. Saya mengenalkan menu-menu di blog pada mereka. Sayangnya waktu sangat terbatas sehingga saya tidak banyak menjelaskan mengenai pemasangan widget pada sidebar blog. Padahal, itu ilmu yang cukup penting juga bagi mereka yang ingin jadi blogger. Kalau dari mereka sih, rencananya mau diadakan workshop part 2 nya karena membahas blog itu membutuhkan waktu yang panjang. Hehe, semoga saja bisa terwujud. πŸ™

Foto Bersama dengan Peserta Blogging Workshop for Newbie
Sumber: Dokumentasi Pecandu Aksara
Di akhir kegiatan, kami berfoto bersama. Over all, saya sangat senang bisa mendapat kepercayaan dari teman-teman Pecandu Aksara untuk membawa workshop blog, walaupun saya masih merasa banyak kekurangan dari mereka. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik buat saya dan teman-teman di Pecandu Aksara untuk menjadi semakin lebih maju dan hebat lagi. Panjang umur literasi!
Posting Komentar