Jumat, 30 Desember 2016

Ikut Kelas Blogging Oleh MIB

Pertama-tama, aku mau menyampaikan bahwa makin kesini aku makin memiliki keinginan besar untuk hidup dan punya nafas di dunia blogging. Hal ini begitu kuat aku rasakan ketika aku mengikuti kelas blogging yang diselenggarakan oleh Komunitas Pecandu Aksara dan MIB (Makassar Indie Books) di Volunteer Cafe kemarin. Seperti di postingan blogku sebelumnya, aku memantapkan diri untuk terjun di beberapa komunitas membangun, salah satunya di Komunitas Pecandu Aksara. Komunitas ini sangat bagus karena memiliki beberapa program kepenulisan yang sangat hebat. Salah satunya yah kelas blogging kemarin yang menghadirkan narasumber blogger seorang wanita, Kak Mugniar.


Di kelas blogging tsb, aku banyak mendapatkan ilmu baru mengenai blog. Beberapa yang aku tangkap dari hasil kelas blogging kemarin adalah bahwa blog memiliki banyak manfaat besar seperti dapat menjadi prasasti sejarah pribadi, membuat blogger menjadi terampil menulis, mampu memotivasi orang lain, dapat memperluas jaringan pertemanan, bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan menarik, menambah wawasan, pengembangan diri, membantu orang lain secara materi, memotivasi orang lain, wadah untuk mengkritik secara berbeda, mampu memberikan sumbangan ide baru untuk blogger lain, membuka mata dunia tentang daerah kita, dan yang pastinya mampu membuka pintu rejeki. Wah, manfaatnya banyak sekali yaaah. Yah begitulah blogging.

Mungkin ada yang tanya, kenapa suka dengan blogging? Jawabannya tidak lepas dari postingan blogku sebelumnya, bahwa aku ingin dikenal sebagai orang mampu memberikan banyak pengaruh positif untuk orang lain. Dan dengan blog, hal itu sangat bisa untuk aku aplikasikan. Bayangkan, banyak orang yang bisa mengakses tulisan kita di blog. Tulisan kita akan abadi dan mampu memberikan masukan yang bermanfaat bagi pembacanya. Oh yah, selain itu, ternyata blog juga dapat membuat stres kita berkurang karena kegiatan menulis dalam blog merupakan terapi.


Narasumber (Kak Mugniar) dalam acara kelas blogging kemarin juga memberitahukan bahwa ketika seseorang ingin memantapkan diri menjadi seorang blogger, maka Konten is The King. Konten itu baik berupa ide, judul, tulisan, pelengkap. Agar konten kita bisa menarik banyak pembaca, diperlukan konten kreatif untuk dibuat. Caranya, dengan membiasakan peka untuk menjaring ide, memiliki gaya menulis yang khas, memiliki passion yang besar dalam menulis, bergabung komunitas blogger. Dan yang tak kalah penting juga dari isi blog adalah buatlah judul yang menarik dan diikuti oleh paragraf pertama yang menarik pula, tidak terlalu panjang, visualisasikan, dan fokus. Oleh karena itu narasumber meminta kepada peserta kelas blogging kemarin untuk sering ikut lomba blog, jujur dalam menulis, dan seringlah memberikan tantangan untuk diri sendiri.
Posting Komentar