Tuesday, November 20, 2018

Review Oleh-Oleh Khas Makassar : Snack Jagung BONYOQU

Duuuh, udah lama ngga review makanan. Kali ini saya pengen review snack kekinian yang bisa dijadiin oleh-oleh khas Makassar, yaitu Bonyoqu. Buat kamu yang baru dengar nama Bonyoqu ini, nih saya kasih tau :


Bonyoqu merupakan brand makanan ringan (cemilan) jagung marning yang diproduksi oleh CV HMZ Group, salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Sulawesi Selatan.


Selasa, 13 November 2018 kebetulan saya lagi di Makassar karena suatu keperluan. Setibanya di kos, saya cukup kaget karena pulang-pulang Mama langsung nodong saya untuk segera membuka bungkusan snack yang tak lain adalah Bonyoqu. Owalah, kayaknya Mama yang bakal ngabisin snacknya nih.

Sebelumnya saya memang udah janjian sama pihak Bonyoqu untuk mereview makanannya. Ternyata Bonyoqu-nya langsung jatuh ke tangan Mama. Yowess, artinya kali ini saya akan mereview Bonyoqu dari perspektif Mama juga. Aseeek.



Pertama-tama, ada baiknya kita kenal lebih dekat dengan owner oleh-oleh khas Makassar yang satu ini. Namanya Aisyah Humaerah, doi itu anak muda asal kabupaten Gowa, alumnus Universitas Brawijaya kelahiran 1994. Aisyah menggarap bisnis kuliner camilan jagung dengan brand Bonyoqu Corn Snack ini sejak 2017 silam lho.


Berawal dari orang patah hati, Aisyah dan beberapa teman mengelola brand Bonyoqu ini. Mereka bahkan telah memasarkan olahan jagung ini di beberapa gerai supermarket dan minimarket seperti Giant, Hero, dll. Selain itu snack ini ada juga di 30 Cafe, Universitas di Bandung, Surabaya, Timika, Jakarta, Barru, Balikpapan, dan kota lainnya.

Aisyah memilih produk berbahan jagung karena tergolong unik, sesuai dengan segmen pasar yang doi sasar yaitu kalangan anak muda. Adapun alasan menamai produknya Bonyoqu, karena berasal dari bahasa Makassar "bonnyok" yang berarti lembek dan lunak, sesuai dengan bahan dasarnya yakni jagung marning yang teksturnya lunak.



Well, seperti yang kamu bisa liat di foto dibawah ini, kemasan Bonyoqu saaaangat menarik. Kemasan snack unyu seperti itu jujur jarang banget saya temuin, utamanya snack yang bersifat oleh-oleh. Konsepnya berupa tas, berbahan duplek sehingga terkesan kuat, kokoh, ngga mudah rusak.


Warna kuningnya dengan icon/ logo lelaki menggunakan penutup kepala berwarna merah ala pahlawan Sultan Hasanuddin, membuat kemasan ini terlihat eye catching. Dan dalamannya, terdapat 4 mangkok plastik snack jagung dengan 4 varian rasa berbeda. Keempat mangkok ini menurut saya membuat kemasan Bonyoqu makin terlihat premium. Yang paling saya sukain dari packaging snack ini adalah bagian dimana terdapat tulisan arti sebuah ayat Al-Qur'an.




Mengenai rasa, 4 mangkok yang saya terima ini adalah varian original, seaweed, spicy, dan cheese. Saya random aja makannya. Abis sesuap cobain yang seaweed, lanjut ke varian original, kemudian ke spicy, dan juga cheese. Diantara semua varian ini, favorite saya yang seaweed, secara saya emang doyan banget sama rumput laut.


Sedangkan Mama, doi lebih suka yang original. Saya sama Mama sepakat dengan gurih dan renyahnya snack Bonyoqu ini. Ngga bikin sakit gigi seperti kebanyakan snack berbahan dasar jagung marning lainnya. Hanya saja, yang menurut kami agak kurang dari snack ini adalah cita rasanya. Entah kenapa ditengah proses pengunyahan jagungnya, rasanya jadi hilang. Tapi kekurangan itu bukan problem besar, karena yang bikin saya salut dan pengen terus ngemil snack jagung ini adalah faktor safetynya.


Yap, inilah kelebihan Bonyoqu dibandingkan dengan snack-snack pada umumnya yakni bumbunya  yang No Micin. Jadi kamu ngga usah khawatir karena cemilan ini No MSG. Dan tentunya, aman dikonsumsi anak-anak lho!



Nah ini nih yang paling ditunggu. Hayo ngakuuu. Oke, jadi harga satuan snack Bonyoqu adalah Rp60.000,-. Menurut saya, harganya murah lho. Karena dengan 60 Ribu Rupiah, kamu bisa mendapatkan 4 varian snack Bonyoqu dengan kemasan premium. Apalagi, mangkok plastik Bonyoqu juga bisa kamu pakai untuk keperluan yang lain juga.


Oh yah, buat kamu yang pengen berbisnis, Bonyoqu juga menyediakan paket dengan harga reseller, agen, dan distributor lho! Tenang aja, Bonyoqu ini sudah tersertifikasi halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). So, ngga usah lama-lama. Kalian bisa pesan online melalui website Bonyoqu atau kalau ngga, kamu juga bisa kunjungin instagram mereka.
Post a Comment

About

authorAssalamualaikum. Saya Yani, seorang blogger yang bekerja di dunia Arsitektur.
Selengkapnya →



Newsletter