Saturday, November 24, 2018

Good Bye Template Blog Lama

Kemarin saya dibikin begadang sama blog ini karena templatenya. Yes, based on the tittle I decide to change my blog template. Alasannya bukan karena bosan. Sama sekali bukan. Melainkan, karena template yang saya pake sebelumnya itu ngga responsive. Intinya ngga mobile friendly lah.



Template blog responsive adalah template blog yang memungkinkan tata letak bisa berubah tergantung dari resolusi layar yang digunakan saat melihat blog tsb.

Sebenarnya udah lama saya pengen ganti templatenya. Terutama sejak blog saya dibilang kurang baik di mata google oleh seorang pemateri dari Google didepan seluruh peserta seminar di awal tahun 2018. Ceritanya waktu itu blog saya yang dijadikan objek presentasinya. Huhu, malu banget gegara itu saya sempat sedikit down ngeblog.

Tapi beruntung blog lama saya ngga parah-parah banget, soalnya sewaktu mendaftar adsense, template blog tsb lah yang saya gunakan. Fiuh, kirain bakal ditolak lagi untuk kesekian kalinya. Eh, ternyata bisa ke approved juga. Seneng banget dah waktu itu. Mungkin karena pengaruh domain TLD yang saya pake kali ya.


Lanjut ke template, jujur sampai saat ini saya masih mikirin template blog saya yang lama. Is it called love? Haha, saya berasa ngga bisa move on. Gimana ngga, template yang lama itu murni template bawaan blogger, yang saya otak atik sendiri kode htmlnya. Semuanya otodidak. Thanks for Google, my biggest teacher. Semua ada seninya. Semua jurus, ilmu, dan insting seni saya, saya kerahkan semuanya untuk buat blog saya terlihat WOW.


Hasilnya, banyak yang ngapresiasi. Alhamdulillah, usaha ngga mengkhianati hasil. Begadang-begadang nyaris seminggu buat saya puas dengan apa yang saya hasilkan. Namun sayangnya, beberapa lama kemudian, ada seseorang yang menanyakan perihal blog saya yang ngga bisa dialihkan versi mobile. Pas ditanyain seperti itu, saya cuma jawab : Emang sengaja.

Lama-kelamaan, bukan hanya seorang dua orang yang bertanya seperti itu. Udah ada beberapa orang. Saya langsung mikir, apa saya egois? Sorry lebay. But honestly, itu yang ada dipikiran saya. Pemicu utamanya karena sekarang saya udah main adsense coyy. Udah ada plan mau ngais rejeki sebanyak-banyaknya dari blog. Dulu sih bodo amat ada yang baca.

So saya musti milih nih, antara tetap mempertahankan template lama desain sendiri dengan resiko pembaca saya yang mungkin akan berpikir banyak ketika buka blog saya, (FYI sumber pembaca saya kebanyakan dari handphone) atau mengganti template lama dengan template baru yang responsive supaya pembaca betah berlama-lama di blog. Dan setelah merenung sekian lama, akhirnya saya memilih untuk mengganti template lama ke template baru yang responsive.




RIP template lama.






signature-fonts

Post a Comment

About

authorAssalamualaikum. Saya Yani, seorang blogger yang bekerja di dunia Arsitektur.
Selengkapnya →



Newsletter