Thursday, August 9, 2018

Kenapa Sih Banyak Orang Sulit Mendapatkan Akses Perbankan?

Pernah ngga sih guys, kalian mikir bahwa makin kesini kita itu dengan dunia perbankan semakin terus terhubung. Malah kalau dipikir-pikir lagi, berhubungan dengan dunia tersebut merupakan hal yang wajib. Kenapa saya bilang begitu? Karena banyak banget aktifitas yang membutuhkan bantuan perbankan supaya semua urusan kita bisa berjalan dengan lebih mudah. Yaph, that's true. Mulai dari belanja online, pesan tiket, sampe beli pulsa sekalipun membutuhkan akses perbankan agar semuanya lebih mudah. Meski koneksi ke perbankan dirasa sangat penting, sayangnya ngga semua orang dapat merasakan hal tersebut karena ada berbagai macam kendala yang membuat banyak orang gagal mendapatkan akses ke perbankan. Apa aja sih kendala-kendala tsb?


Berikut ini 3 kendala yang biasanya dihadapi orang-orang sehingga mereka ngga mendapatkan akses perbankan :


Lokasi Bank Yang Jauh

Jika kamu hidup di perkotaan, kamu mungkin bisa aja menjangkau bank dengan mudahnya. Namun, ngga seperti itu lho kalau kamu berada di daerah pelosok negeri yang masih minim infrastruktur dan juga minim fasilitas perbankan. Jika berada di daerah tersebut, untuk mengunjungi bank itu rasanya seperti sebuah kemewahan yang memerlukan banyak waktu dan tenaga. Akibatnya, banyak orang ngga mendapatkan akses ke perbankan sehingga sulit untuk mendapatkan pinjaman dan mencari tempat pinjam uang yang mudah melalui online pun menjadi solusi yang jitu.

Bunga Yang Terlalu Mencekik

Selain lokasi yang jauh, kendala lainnya yang membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan akses perbankan adalah bunga yang dibebankan. Beberapa perbankan memberikan bunga yang terlampau tinggi hingga akhirnya ngga mampu dijangkau oleh sebagian besar orang. Kondisi ini  pada akhirnya membuat orang-orang yang membutuhkan pinjaman dana mencari jalan lain. Salah satu jalan yang biasa ditempuh antara lain dengan mengunakan platform pinjaman online seperti Momaju yang memberikan bunga ringan kepada para debiturnya.

Kondisi Finansial Yang Tidak Memadai

Mendapatkan akses ke perbankan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Kamu diharuskan untuk memiliki kondisi finansial yang memadai agar bisa mendapatkan akses tersebut. Hal ini membuat banyak orang dari golongan menengah kebawah yang membutuhkan dana ngga bisa mengakses perbankan. Akhirnya, kebanyakan dari mereka memilih jalan lain untuk bisa mendapatkan pinjaman dana. Beberapa cara yang biasa digunakan seperti menggadaikan barang, meminjam melalui koperasi atau meminjam secara online melalui Momaju.

Menurut kalian gimana? Adakah dari kalian yang punya cerita pernah ditolak perbankan? Share di kolom komentar yaa.. 😊
Post a Comment

About

authorAssalamualaikum. Saya Yani, seorang blogger yang bekerja di dunia Arsitektur.
Selengkapnya →



Newsletter