Kamis, 26 Oktober 2017

Juara 2 di Smart Community Challenge Persembahan BFI Finance

Aduuuh, seiring berjalannya waktu Makassar Event (ME) semakin membuat saya bangga. I mean Makassar Event Community. Komunitas Makassar Event semua personilnya keren-keren. Mereka semua punya talenta yang ngga bisa dianggap remeh. Saya jadi pengen cerita tentang pengalaman Komunitas Makassar Event sewaktu mengikuti kompetisi Smart Community Challenge yang diselenggarakan oleh BFI Finance dan meraih juara 2 dengan membawa pulang hadiah uang tunai senilai 2 juta rupiah.


Hari itu, entah saya lupa tanggal berapa, salah seorang anggota Komunitas Makassar Event yang bernama Arez menginfokan di grup ME bahwa ada event yang bagus banget untuk para anggota Makassar Event ikuti. Event itu tak lain adalah event yang diselenggarakan oleh BFI Finance, yaitu Smart Community Challenge. Eventnya bersifat kompetisi dengan konsep Ranking 1 yang pesertanya melibatkan 5 komunitas. Masing-masing komunitas diwakili oleh 20 orang. Yah kalau ditotal, jadinya ada 100 orang yang akan berkompetisi.


Bagusnya, seluruh anggota ME merespon dengan sangat baik akan event tersebut. Bahkan Arez dan Halil (anak MEcom) bersedia menjadi penanggung jawab Makassar Event dalam kompetisi itu. Sayangnya menjelang hari H, ternyata hanya sedikit anak ME yang mengisi form sebagai syarat mutlak untuk mengikuti Smart Community Challenge (SCC). Padahal panitia acara sudah mendesak penanggung jawab Makassar Event untuk segera menyetor formulir peserta yang akan berpartisipasi. Alhasil, saya sebagai yang dituakan, ceileeh, ehm, harus secepatnya mengambil keputusan apakah Makassar Event gugur sebelum bertanding, atau tetap maju mengikuti kompetisi dengan jumlah personil ME yang kurang.


Lama berpikir, akhirnya saya menginstruksikan ke Halil dan ke Arez bahwa Makassar Event tetap ikut dengan catatan kuota yang belum terisi silahkan dicari penggantinya meski dari komunitas lain. Tapi tetap prioritaskan anggota Makassar Event yang ikut. Jadi perlu dikonfirmasi kembali kesediaan teman-teman Makassar Event yang bisa hadir untuk keikutsertaan mereka di kompetisi ini. Disinilah drama terjadi. Ada yang left dari grup karena sebelumnya mengiyakan untuk ikut tapi akhirnya harus tidak bisa bergabung karena merasa tidak diinfokan oleh penanggung jawab ME untuk penyetoran form. Intinya banyak anggota ME yang kecewa, karena Arez dan Halil sebagai penanggung jawab begitu cepat mengganti posisi beberapa anak ME yang tidak menyetor form kepada anak komunitas lain untuk di invite ke Tim ME SCC.

Nah, di hari H, tepatnya Sabtu 21 Oktober 2017 lebih banyak lagi masalah yang terjadi. Kenapa? Karena banyak dari tim ME SCC yang ternyata punya agenda lain atau kesibukan lain yang bertepatan dengan jadwal SCC ini. Satu persatu mereka left dari grup ME SCC, sehingga PJ (Arez dan Halil) harus mencari penggantinyanya. Masalah form itu udah ngga dihiraukan lagi. Yang penting personilnya cukup 20 orang untuk tim ME SCC. Dan setelah beberapa lama alhamdulillah  personilnya cukup.


Di Mall Ratu Indah, yakni tempat pelaksanaan acara BFI Finance, disitulah kita berkumpul. Sekitar pukul 15.00 acara Smart Community Challenge dimulai. Saat komunitas kita sudah siap tempur untuk menjawab seluruh pertanyaan kompetisinya, penyelenggara acaranya malah mewajibkan kita untuk membuat yel-yel sebagai bentuk kesolidan tim komunitas masing-masing. Kita banyak berunding. Saya dibikin pusing, karena tim ME ngga ada kesiapan sama sekali untuk membuat yel-yel. Tapi begitulah tiba masa tiba akal, entah dapat petunjuk darimana, anak-anak langsung punya yel-yel yang bisa dibilang sangat sederhana. Yang penting ada Makassar Eventnya dan ada BFI nya. Wakakak.

Setelah memperlihatkan yel-yel, masuklah kita di acara utama, yakni kompetisi ala Ranking 1. Aturannya simple. Hanya memilih jawaban A atau B. Pertanyaan pertama dilontarkan, dan saya menjawab dengan jawaban yang salah pemirsah. Terpaksa saya gugur di babak awal. Tapi saya ngga sendiri karena ada beberapa teman ME juga yang salah. Yaah, bisa dibilang sepertiga anggota tim gugur karena salah jawaban.


Nah, disini saya jujur merasa ME ngga ada apa-apanya di banding komunitas kompetitor kita yang lainnya. Mereka di pertanyaan pertama hanya sedikit yang gugur. Paling banyak itu dari tim ME lho. Saya jadi down, dan ngerasa sepertinya ME bakalan ngga dapat juara. Tapi ternyata dugaan saya salah pemirsaaaa. ME berhasil meraih juara 2. Detik-detik terakhir ME berhasil diselamatkan oleh Uki (peserta dari komunitas lain yang gabung di ME dalam SCC). Beruntung banget Uki bisa bertahan sampai babak terkahir, dan mendapat pertanyaan acakan dari MC yang sangat mudah sehingga bisa lebih unggul dari komunitas yang lain. Yah, ini sih keberuntungan yah.

Momen paling seru juga adalah ketika kita semua memberikan semangat ke Uki di akhir kompetisi. Semua anak ME seruuuu. Semuanya ngga berhenti teriak ala supporter pertandingan Sepak Bola. Semuanya kompak ngga ada sama sekali yang ngga berpartisipasi. Kita termasuk komunitas heboh menurut MCnya. Haha, sampe MC itu bilang ini Makassar Event memang hobi banget jalan ke event-event, makanya paling heboh. Skip, dan akhirnya pengumuman tiba. Makassar Event Community meraih juara dua dengan membawa pulang total uang senilai 2 juta rupiah. Yeaaay.


Sebelum uang diterima, dari BFI Finance memberikan kami makanan dan marchandise berupa tas dan kaos. Senangnyaaa. Dan pas setelah makan, uangpun juga diterima. Fresh Rp2.000.000,- lhooo. Keputusannya adalah, uang tersebut musti ada yang masuk ke kas. Maka jadilah 500Ribu Rupiah masing-masing masuk ke kas ME dan Rumah Kepemimpinan (komunitas Uki). Sisanya, kita pakai untuk nobar film Thor.

Intinya saya jadi bangga banget sama Makassar Event. Uki yang mengharumkan nama ME pun sampai bilang ke saya kalau dia pengen banget gabung di ME. Katanya anak ME seru-seru. Kompak abiiiis. Haha. Menurut kalian sendiri bagaimana?
Posting Komentar