Kamis, 13 Juli 2017

Soft Opening URBANISTBOX, Tempat Nongkrong Hits di Makassar

Tadinya mau nulis blog tiap hari, tapi jatuhnya malah tidak kesampaian. 😭 Hmmm tak apalah, tidak ada gunanya menyesali sesuatu sampai berlama-lama. So langsung saja saya mau nulis tentang curcol saya terhadap Soft Opening URBANISTBOX tempo hari, Sabtu 8 Juli 2017 pukul 15.00. 😊

Seperti teman-teman ketahui, saya tiap harinya selalu disibukkan oleh bisnis asongan saya yaitu Makassar Event. Ceritanya, Makassar Event tiba-tiba mendapatkan penawaran oleh salah satu owner tempat nongkrong di Makassar yakni kak Fajar selaku owner URBANISTBOX, untuk meng-organize lomba makan dan lomba blog pada acara Soft Opening URBANISTBOX. Alhamdulillah yah, Makassar Event dapat pemasukan lagi. 😌

By the way, teman-teman yang belum tau mengenai URBANISTBOX, jadi URBANISTBOX ini adalah tempat kuliner, kolaboratif dan produktif bagi masyarakat urban untuk nongkrong, hangout, gathering, dan workspace. Dengan konsep semi outdoor dimana areanya berbentuk U-Shaped yang terdapat area tenant container dan banginan 3 lantai terdapat Resto, Coworking Space, Event Space, dan Rooftop. UBOX Cafe terdiri atas 3 fasilitas yaitu KEMAE (coworking & event space), La Marowa (eatery & cafe), dan UBOX (food court), disamping itu penamaan 3 fasilitas tersebut berasal dari bahasa Bugis Makassar seperti Kemae yang artinya Mau Kemana, dan La Marowa artinya Keramaian.


Singkat cerita, saya yang termasuk owner di Makassar Event harus menyediakan host untuk acara ini, harus melayani para tamu undangan seperti media dan blogger, dan juga harus siap menjaga kelangsungan event Soft Opening ini agar berjalan dengan baik lancar jaya dan abadi. Hahaayy. Tidak susah mencari orang-orang yang bisa membantu saya, karena Makassar Event sendiri sudah punya tim alias komunitas yang orang-orangnya didalam sangat passionate terhadap event. Untuk host saya merekrut Ari dan Om Baco, Kiki untuk fotografernya, Sri untuk fasilitator media dan blogger, Riana untuk peliputan beritanya, dan anak-anak Makassar Event Community lainnya yang siap lahir batin untuk bantu-bantu. Untuk lomba blog, ada Ricky, Maarif, dan Ian yang saya ikutkan masuk sebagai peserta lomba blog selain anggota Komunitas Blogger Makassar tentunya. Untuk lomba makan, ada Rafly dan Ricky yang turut meramaikan. Saya sangat bersyukur luar biasa dengan hadirnya mereka yang mau menyumbangkan segala potensi yang mereka miliki. Alhamdulillah, berkat semuanya mau bekerja keras, Soft Opening ini begitu ramai didatangi pengunjung.

Saya tiba di UBOX pukul 12.00 siang dengan Ari yakni 3 jam lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Kesempatan ini saya gunakan untuk mempersiapkan segalanya agar lebih matang. Ari dan Om Baco gladi bersih, sementara saya sambil memantau mereka, saya juga memantau sosmed Makassar Event. Honestly, dari pagi saya belum makan. Saya sampai lupa kalau saya belum makan karena terlalu sibuk ngatur sana dan sini. Tapi tak apa, toh saya juga masih hidup. Hahaa. Dalam artian saya masih bisa memberikan yang terbaik untuk acara ini walaupun acaranya dibuka terlambat dari waktu yang telah ditentukan.

Saya Bersama 2 Host Kece (Ari dan Om Baco) di Soft Opening UBOX

Saat sesi perkenalan, kak Fajar selaku owner URBANISTBOX memperkenalkan tenant-tenant makanan yang ada di URBANISTBOX ini kepada para pengunjung termasuk terhadap awak media. Beberapa tenant itu adalah:
  • UBOX Drinks dengan berbagai macam minuman dan softdrink
  • Bakso Mangkok yang menjadi andalan Dapur Mama Puji siap menggoyangkan lidah siapa saja dengan berbagai macam varian mie bakso
  • Good Kedai yakni tenant ter-hits di Makassar yang menyegarkan hari dengan berbagai macam varian Mocktail dan Juice
  • L.eN Cofftea dengan aneka minuman olahan teh
  • Durian Cantika dengan sop durian, es cendol, pisang hijau, dan surabi
  • Kebab Lovers yang merupakan pioner pembuat kulit kebab di kota Makassar
  • Rotimo! dengan konsep jajanan kreatif ala Amerika dan Italia
  • Spesialis milkshake dan ice cream Publice akan menambah manisnya foto selfie
  • Fine Fries dengan menu gorengan seperti ayam nugget, chicken pop, dll
  • Warunk Box dengan rice box, roti, dll

Proses Pemotongan Tumpeng Sebagai Tanda Soft Opening URBANISTBOX Resmi Dibuka

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan lomba makan yang diikuti oleh 10 peserta. Tidak main-main, hadiah yang diberikan oleh URBANISTBOX begitu menggiurkan yakni uang senilai 500 Ribu Rupiah untuk pemenang pertama, 300 Ribu Rupiah untuk pemenang kedua, dan 200 Ribu Rupiah untuk pemenang ketiga. Peserta yang mengikuti lomba makan ini juga sangat beruntung lho. Kenapa? Karena lomba makan ini yang tadinya harus dibayar senilai 25 Ribu Rupiah, akhirnya malah digratiskan sehingga teman-teman tidak ada alasan lagi untuk tidak mengikuti kompetisi ini. Dan menu yang dilombakan adalah semua menu cyiiiin. Yass, semua menu dari setiap tenant dikeluarkan untuk diperlombakan dalam kompetisi makan ini. Enak banget yaaak. Hehe.

Lomba Makan Yang Diorganize Oleh Makassar Event

Ada juga kuis lho. Jadi pihak URBANISTBOX juga memberikan hadiah dari kuis yang diselenggarakannya. Kuis tsb yakni peserta harus memberikan jawaban sebanyak-banyaknya atas soal yang diberikan oleh host. Dan pertanyaannya adalah, "Apa saja sih yang bisa kalian lakukan di URBANISTBOX?" Nah, bagi peserta yang berhasil menjawab dengan jawaban terbanyak bisa mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan voucher. Asyiiik banget yaak.

Intinya acara Soft Opening ini dilangsungkan hingga malam hari karena ada acara talkshow yang bertopik entrepreneur dimulai pukul 19.00. Talkshow ini begitu inspiratif. Sayangnya saya tidak menyimak dengan baik karena harus mendampingi media-media yang datang dan mengajak mereka ngobrol. Kalau selama ini saya yang sering dibaik-baiki oleh bagian Public Relation dimanapun saya diundang, kali ini posisi Public Relation itu bisa saya rasakan. Gimana capeknya kita menservis para media dan blogger dengan sebaik-baiknya. Seluruh tenaga pikiran doa usaha sudah saya keluarin demi menjaga mood mereka agar selalu baik. Memang ngga mudah di posisi Public Relation yang harus berhadapan dengan media.

Saya dan Sri Lagi Diberi Arahan Oleh Kak Fajar

Selain dari pengunjung biasa, media dan blogger, adapula fotografer yang hadir untuk mengikuti kegiatan fotografi model hunting. Dan menurut saya, yang paling meramaikan acara ini adalah fotografer ini karena jumlah mereka sangat banyak sekitar 40% lah dari total pengunjung hari itu. Disinilah saya merasa agak risih, karena kelangsungan acara yang semestinya bisa berjalan dengan tenang, malah sedikit terusik dengan fotografer yang lalu lalang untuk mengambil gambar. Host dari Makassar Event pun harus sedikit mengulang-ulang perkataan mereka agar suara mereka bisa didengar dengan baik oleh pengunjung.

Saya juga agak sedih ketika tahu bahwa salah satu teman blogger yang sudah datang, malah belum sempat mencicipi makanannya dikarenakan makanannya tiba begitu lama sementara dia harus segera beranjak ke tempat lain karena ada kegiatan di luar. Bukan bermaksud menyudutkan, tapi memang sayapun merasa pelayanan makanannya begitu lama tiba di meja para tamu. Bahkan media sekalipun juga berkali-kali menanyai saya mengenai makanannya kenapa datang begitu lama. Saya hanya bisa bilang maaf, dan bilang maklum saja ke mereka. Pengunjung begitu banyak, sementara karyawan UBOX hanya beberapa. Semoga mereka bisa maklum. Tak ada yang sempurna kan kakaaa??

"Mondar Mandir"
Muka Capek Tetap Harus Senyum :)
Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya memohon maaf sebesar-besarnya terhadap pihak yang sudah bersedia hadir meramaikan acara ini. Mau dari kalangan manapun saya meminta maaf atas kesalahan yang saya lakukan baik disengaja ataupun tidak karena sebaik-baiknya event, pasti ada kekurangannya. Dan saya sangat memohon untuk dimaklumi atas kekurangan itu. Terimakasih juga untuk semuanya mulai dari pihak URBANISTBOX hingga ke teman-teman pengunjung sekalian. Disinilah akhirnya Makassar Event bisa menunjukkan sedikit kekuatannya. Semoga kedepannya Makassar Event bisa semakin lebih baik dan semakin maju.


Posting Komentar