Senin, 06 Maret 2017

Ketemu Digital Entrepreneur Lewat Seminar "Ayo Berwirausaha"

Rejeki seorang blogger itu benar-benar nikmat ya. Apalagi kalau bloggernya kerja di sebuah media publikasi event. Huaa 😍 undangan event pasti mengalir terus. Itulah yang saya rasakan sekarang. Dulu jauh sebelum bergabung dengan komunitas blogger Anging Mammiri  dan media Makassar Event, saya yang sangat suka hadir di berbagai event harus sering merogoh kocek demi bisa mendapat informasi dan experience baru di event tsb. Namun sekarang, alhamdulilah berkat keduanya, sayapun bisa masuk ke berbagai event dengan gratis. πŸ˜‰
Salah satu event yang saya mau bahas kali ini adalah seminar "Ayo Berwirausaha" yang diselenggarakan di Hotel Sahid Makassar, 4 Maret kemarin mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Acaranya begitu ramai, dihadiri oleh banyak peserta dari berbagai latar belakang mulai dari pelajar hingga ke pekerja profesional. Ya iyalah pesertanya banyak, orang narasumber yang dihadirkan di acara ini keren-keren. Ada Abu Hamzah (CEO abutours.com), Bari Arijono (Ketua ADEI), Shinta Dhanuwardoyo (CEO bubu.com), Ryan Gundokusumo (CEO sribu.com), Budi Pranata (CFO Kinerjapay Corp), M. Fauzan Gani (CEO doogether.id), Adryan Hafizh (CEO kolaborasi.co), Muh. Mufid Luthfi (CMO idcloudhost.com), Fauziah Zulfitri (CEO Insight Indonesia), Winarni K (Founder Doubleyoucakes), dan Wahyuni Amiruddin (Founder Ikiku Food). By the way, salah seorang dari pemateri diatas ada yang merupakan teman blogger saya, yaitu kak Winarni sebagai founder doubleyoucakes. Salut deh sama beliau. πŸ‘

Hadir di seminar ini, saya lagi-lagi banyak mendapat ilmu baru. Sesuai dengan judulnya "Ayo Berwirausaha", materi yang disampaikan banyak membahas mengenai digital entrepreneurship yakni bagaimana agar seorang pengusaha mampu memanfaatkan dunia internet dalam me-marketing-kan bisnisnya tsb. Para startup yang membawa materi di seminar ini begitu banyak memberikan pengetahuan baru di dunia internet. Ada yang sharing mengenai tips dan trik jadi pengusaha digital, bagaimana menjalankan bisnis dengan memanfaatkan social media, bahkan sampai ada yang membahas mengenai pembuatan mobile app untuk bisnis itu sendiri. Dan bukan hanya ilmu-ilmu itu saja tentunya, tapi para startup ini juga mampu memberikan motivasi kepada peserta sehingga peserta yang belum punya bisnis sama sekali, menjadi bangkit gairah dan semangatnya untuk memiliki bisnis sendiri sesegera mungkin.
Dari sekian narasumber yang dihadirkan, saya paling kagum kepada Shinta Bubu. Beliau merupakan founder sekaligus CEO dari bubu.com yang merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang digital agency. Yang membuat saya kagum adalah karena beliau seorang wanita, tidak ada background IT sama sekali, tapi berani mengambil pilihan yang tidak mudah untuk menjadi seorang digital entrepreneur karena punya passion yang besar terhadap internet. Beliau banyak bercerita mengenai jatuh bangunnya beliau ketika mulai menggeluti profesi tersebut. Mulai dari sekolah S2 MBA dengan jerih payah sendiri, usaha membuat website sampai tutup, hingga dari pengalaman yang banyak itulah beliau akhirnya mendapat penghargaan sebagai Inspiring Woman 2013 Honor Roll dari majalah Forbes Indonesia. Yang bikin saya lebih excited lagi dengan beliau adalah karena ternyata Shinta Bubu ini lulusan sarjana arsitektur. Wiih, sama dong kayak saya πŸ˜…, cuma passion saya berbeda dengan beliau. Tapi semangat dan kerja kerasnya itu, sangat dan sangat ingin saya tiru. Kalau cowok yang sukses dengan kerja keras sendiri, itu banyak dimana-mana beritanya. Tapi kalau perempuan, hanya beberapa yang tampil di permukaan. Dan Shinta Bubu berhasil membuat saya jadi nge-fans sama dia.
Keseruan lain dari seminar ini adalah dari hadiahnya. Jadi selain bagi-bagi ilmu, seminar ini juga bagi-bagi hadiah. Hadiahnya keren, ada goodie bag, tablet, hingga ke tiket umrah. Waaah. Siapa sih yang tidak mau dapat hadiah umrah? Semuanya pasti mau kan? 😍. Intinya, kesuksesan acara ini banyak didukung oleh panitia dari ADEI, sponsor-sponsor keren termasuk dari Abu Tours dan banyak peserta. Terimakasih buat para panitia dan sponsor yang sudah menyelenggarakan acara ini. Ini acaranya sangat keren dan sangat membantu masyarakat baik itu yang belum memulai bisnis, ataupun yang sudah memiliki bisnis. Semoga acara ini bisa diadakan di waktu mendatang agar dapat mengedukasi masyarakat lebih banyak lagi.
Posting Komentar