Minggu, 22 Maret 2015

Cara Unik Menyampul Buku Dengan Isolasi

Cara Unik Menyampul Buku Dengan Isolasi - Jika seseorang memiliki hobi membaca, pasti kebanyakan dari mereka juga gemar mengoleksi buku. Tak jarang cover buku yang dikoleksi menjadi kusut atau kucel akibat terlalu sering dibaca atau dipinjam oleh seseorang. Nah, sebagai kolektor buku, saya ingin berbagi tips cara keren dan unik dalam menyampul sebuah buku. Bukan dengan plastik seperti kebanyakan orang dalam menyampul buku, melainkan dengan isolasi. Yaph, ISOLASI. Cara ini saya temukan secara tiba-tiba akibat malas membeli plastik buku. Penasaran dengan penampakannya? Simak tutorialnya berikut ini.


Peralatan yang dibutuhkan sangat simple. Yaitu buku yang ingin disampul, gunting, dan isolasi bening ukuran besar. Dalam kasus ini yang akan saya jadikan tutorial adalah novel kesukaan saya karya Maman Suherman yang berjudul :Re:". Sahabat juga bisa mengaplikasikan tips tutorial menyampul buku ini dengan ukuran buku yang lebih besar dari buku kebanyakan. Pada dasarnya, saya menggunakan cara ini agar bisa menyampul buku dengan cara yang tidak ribet dan hemat pula. Jika sahabat suka, silahkan coba saja!


Setelah alat dan bahannya lengkap, kemudian mulailah berksperimen. Buka isolasinya dan tempelkan pada bagian atas buku lebih dulu agar lebih rapi. Menempelkannya langsung diteruskan ke bagian belakang buku supaya sisa isolasi yang lebih, dapat digunting dan diselipkan ke bagian dalam buku.


Jangan lupa, menggunting isolasi yang berlebih pada bagian pusat buku agar lebih rapi. Selanjutnya, isolasi dapat diselipkan masuk ke bagian dalam buku. Jika bagian atas telah selesai, selanjutnya lakukan lagi hal sama di bagian paling bawah buku. Ingat, langsung ke bagian bawah! Jangan langsung ke bagian tengah. Sebab, biasanya akan tampak tidak rapi jika langsung mengisolasi buku pada bagian tengah setelah bagian atasnya diisolasi.


Jika telah selesai menempelkan isolasi pada bagian atas dan bawah buku, maka selanjutnya lakukan hal yang sama ke bagian tengah. Tahap ini tidak terlalu ribet sebab bagian isolasi yang diselipkan ke dalam buku cuma sedikit. Dari semua tahap dalam menyampul dalam buku, tahap mengisolasi buku pada bagian tengahlah yang paling saya sukai, sebab pada bagian ini menyampul terasa lebih mudah. Namun walaupun mudah, sahabat tetap harus berhati-hati agar jangan sampai mengisolasi bukunya menjadi salah. Jika sudah, maka taraaaaaaa..!! Buku yang bersampul unik dan keren dengan isolasi sudah ada didepan mata.


Terimakasih sudah menyimak tips tutorial cara unik menyampul buku dengan isolasi yang keren ini. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar. Dan jika sahabat mau, sahabat juga bisa men-share buku yang sudah disampul dengan cara diatas pada blog ini.
Posting Komentar