Sabtu, 14 Februari 2015

Cara Belajar Yang Baik

Cara Belajar Yang Baik - Setiap orang dikenakan kewajiban untuk menuntut ilmu mulai dari lahir hingga ajal menjemput, termasuk siswa yang dituntut untuk belajar sesuai dengan apa yang telah diajarkan di sekolah. Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tentunya kita harus mengetahui cara belajar yang baik agar setiap ilmu yang dipelajari dapat dipahami secara baik pula. Ilmu yang didapatpun bisa dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Karena ada pepatah yang berbunyi “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.” Langsung saja, untuk mengetahui cara belajar yang baik ada beberapa tips yang bisa saya berikan yaitu:


Belajar Secara Berkelompok
Belajar secara berkelompok bisa dilakukan di rumah, ataupun di luar rumah. Cukup dengan memanggil teman-teman yang memiliki tugas yang sama dengan kita sehingga ketika proses belajar telah berlangsung, kita bisa saling bertukar pikiran untuk menemukan jalan keluar dalam menghadapi soal-soal. Belajar kelompok akan menjadi sangat mengasyikkan apalagi jika makanan dan minuman juga telah tersaji.

Membuat Catatan Atau Rangkuman
Setiap materi yang didapat di dalam kelas, sebisa mungkin untuk dibuatkan catatan kecilnya yang isinya adalah inti sari dari materi tsb. Jadi ketika akan dihadapkan dengan ujian, kita hanya perlu membaca catatan tsb karena merupakan rangkuman dari materi yang telah dipelajari sebelumnya. Cara belajar yang baik ini cukup mudah untuk dilakukan kalau kita memperhatikan penjelasan guru dengan seksama.

Rajin Bertanya
Ketika dihadapkan dengan materi yang sulit untuk dipahami, janganlah segan untuk bertanya. Bertanya bukanlah tanda kelemahan seseorang. Justru sebaliknya, bertanya merupakan tanda bahwa kita memiliki keingintahuan yang besar untuk memahami sesuatu. Bertanya akan lebih terjawab apabila diajukan kepada ahlinya seperti guru atau dosen yang bersangkutan.

Menggunakan Teknik Mengingat
Cara belajar yang baik juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknik mengingat. Apabila ada pelajaran yang membutuhkan penghafalan, kita bisa menggunakan metode Mnemonic yaitu metode dalam menghafal. Contohnya seperti menghafal warna-warna pelangi yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu dapat disingkat menjadi Mejikuhibiniu.

Disiplin
Belajar secara disiplin juga harus diterapkan. Hal ini dilakukan untuk membentuk kebiasaan cara belajar yang baik termasuk dengan mengulangi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Waktu normal untuk mengulangi pelajaran adalah kurang lebih 2 jam per harinya. Cara belajar yang baik untuk yang satu ini mungkin awalnya agak sulit. Namun jika kita memiliki niat yang besar untuk belajar secara disiplin, tentu akan membuahkan hasil yang baik. Seperti kata pepatah “Ala bisa karena biasa.”
Posting Komentar