Jumat, 16 Januari 2015

Cara Membuat Jadwal Kegiatan

Sudah menjadi sunatullah bahwa waktu tak bisa dihentikan. Waktu akan terus berjalan, dan begitu pula usia. Sebagai manusia yang memiliki banyak keterbatasan, tentu memiliki hidup yang penuh dengan kebermanfaatan adalah keinginan setiap orang. Namun, masalah menunda waktulah kerap kali dilakukan yang akibatnya, sifat malas muncul. Sehingga pada akhirnya banyak waktu yang terbuang sia-sia karena praktiknya kurang maksimal. Oleh karena itu, semangat dan manajemen waktu sangat diperlukan untuk melakukan kegiatan yang ingin dicapai.

Saya sendiripun pernah ada di situasi itu. Tapi dengan cara yang saya gunakan, akhirnya kendala tersebut kurang lebih berhasil teratasi dengan cara membuat jadwal kegiatan atau time schedule. Time schedule ini sangat berguna dalam memfokuskan pikiran untuk melakukan kegiatan yang ingin dicapai. Pembuatannya bisa dilakukan secara manual dengan menuliskannya diatas kertas, dan bisa pula membuatnya di program Microsoft Office Excel agar lebih mudah.


Cara membuat jadwal kegiatan di Excel seperti yang saya lakukan, dapat dilihat detailnya pada bulan Januari 2015 berikut ini:
  1. Membuat artikel setiap hari (11-31 Januari), maksudnya agar bisa menjadi penulis hebat. Aamiin.
  2. Membuat list film-film yang saya miliki ke dalam Excel (11-13, 15-20, 22-27, 29-31 Januari), karena film-film tersebut adalah media yang saya jual dalam bentuk file. Sehingga bagi siapa saja yang berminat ingin membeli film, dapat melihat dan mengunduh list tersebut. Adapun blog jual film saya dapat dilihat disini.
  3. Belajar bahasa inggris (11-13, 16-20, 23-27, 30-31 Januari), karena menguasai bahasa inggris adalah kunci penting untuk go international. Bisa dilihat sendiri bahasa inggris juga saya terapkan dalam membuat time schedule.
  4. Mengatur file-file di laptop (14, 15, 21, 22, 28, 29 Januari), agar terlihat lebih rapi.
  5. Menikmati media yang berbau motivasi (13-17, 20-24, 27-31 Januari), baik itu berupa video, audio dan lain-lain. Hal ini karena saya ingin bisa menjadi sosok yang dapat menginspirasi banyak orang.
Kalau kegiatan itu berhasil terealisasi, kolomnya akan saya ditandai. Namun jika dalam satu hari ada kegiatan yang tidak dapat terealisasi karena suatu hal, maka kegiatan itu saya lakukan keesokan harinya. Setelah dilakukan, barulah dapat menandai kolomnya. Tapi, tandanya diberi warna merah agar bisa dibedakan.

Saya juga memberikan catatan kecil dibawah time schedule itu mengenai penjelasan dari masing-masing kegiatan. Contohnya seperti mencantumkan berapa lama kegiatan itu akan dikerjakan, dan lain-lain. Kemudian, dibawahnya lagi, Saya menuliskan diary kecil terkait detail aktifitas yang telah dilakukan agar progressnya terlihat jelas dari hari ke hari.

Setelah berhasil mengetahui cara membuat jadwal kegiatan, jangan sampai ketinggalan pula cara untuk membuat prioritas. Untuk mengetahui cara membuat prioritas yang pernah saya buat dapat dilihat disini. Sebagai hadiah bagi pembaca, saya akan memberikan template time schedule yang telah saya buat. Templatenya bisa diunduh disini. Terimakasih untuk perhatiannya, semoga artikel cara membuat jadwal kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kalian semua.
Posting Komentar