Minggu, 15 Juni 2014

Are You Ready to Build A Career

Sabtu siang tadi, kusempatkan hadir di kelas "Are You Ready to Build a Career" yang diselenggarakan oleh AKBER Makassar di salah satu gedung Bosowa di Jl Lanto Dg Pasewang Makassar. Materinya sangat menarik dimana materi ini dibawakan oleh seorang wanita cantik asli Makassar bernama Fauziah Zulfitri. Beliau adalah seseorang yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi yang baik. Berikut profil ringkas beliau yang saya dapatkan dari googling:

Fauziah Zulfitri:
14 years of extensive experience in Human Resources & People Development area with various exposures: Recruitment & Assessment, Talent Management, Compensation & Benefit, Employee Relation, Organizational Development and Industrial Relation. Now live in Makassar, South Sulawesi. Enjoy outdoor activities, books, Japanese culture (the food also!) and a little bit of Jazz. 10K finisher with a dream to travel around the world in backpack.
Beliau mengatakan bahwa untuk mencapai suatu karir yang baik, memerlukan beberapa hal penting yaitu:
  1. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman di dunia kerja, sangat ditekankan untuk tidak memilih-milih pekerjaan. Namun, diusahakan untuk memilih pekerjaan di perusahaan yang memiliki sistem yang bagus untuk membangun pondasi reputasi yang baik sebagai titik awal.
  2. Ketika bekerja, jangan pernah komplen terhadap pekerjaan yang diberikan atau diamanahkan, karena hal ini terkait dengan penilaian atasan terhadap kinerja yang dilakukan.
  3. Jadilah seseorang yang bisa diandalkan dengan mengerjakan segala tugas yang diberikan dengan baik. Karena ketika bos atau atasan memiliki suatu project, tentu dia akan mencari seseorang yang bisa diandalkan untuk dipercayai dalam mengemban project tsb, dalam artian kamu harus bisa menjadi top of mind atasan.
  4. Disiplin. Selalu on time sesuai jadwal yang telah ditentukan tanpa banyak alasan. Jika ingin lebih baik lagi, hadir atau selesaikan pekerjaan setengah jam lebih awal dari yang ditentukan. Ini juga berarti kita harus kejam sama diri sendiri selagi kita masih muda walaupun pekerjaan kita masih kecil. Dengan begitu, maka karakter juga akan terbentuk.
  5. Lakukan pekerjaan by your self. Dimulai dari pekerjaan kecil sehingga mampu menjadi lebih mandiri dan kemudian memiliki skill multi tasking. Ini penting juga ketika telah menduduki posisi atas, kamu tidak akan mudah dikelabui oleh bawahan karena telah mengetahui seluk beluk pekerjaan tsb.
  6. Jangan cepat puas. Comfort zone is a uncomfort zone. Ketika posisi telah aman, tandanya lampu kuning sudah menyala. Ini merupakan peringatan dimana kamu harus membuat tantangan baru kepada diri sendiri agar lebih berkembang.
  7. Belajar! Jangan pernah lelah untuk belajar. Belajar dimulai dari hal terkecil dan lingkungan setempat. Hal ini perlu karena para leader sangat membutuhkan general knowledge untuk memimpin anggotanya.
  8. Cintai pekerjaanmu. Cari pekerjaan yang membuat kamu penuh gairah akan pekerjaan tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan stres dengan tumpukan proyek yang mendatangimu.
  9. Jadilah berlian. Kamu tidak perlu memberitahukan kesempurnaan kamu kepada orang. Ibarat berlian, tak perlu dikatakanpun orang-orang akan tahu bahwa berlian memang sempurna dengan cahaya yang dimilikinya.
Selain hal-hal diatas, masih banyak lagi tips yang beliau katakan terkait cara penulisan CV yang benar. Saking semangatnya beliau berbagi, sampai-sampai beliau siap mengadakan workshop berikutnya tentang penulisan CV yang baik khusus untuk para hadirin yang datang. Tentu hal ini sangat bermanfaat kedepannya untuk membangun karir, bagaimana agar pihak recruitment menjadi jatuh cinta pada CV yang dibuat. Aku jadi tidak sabar menunggu event berikutnya dari AKBER Makassar.
Posting Komentar