Sabtu, 11 Januari 2014

Cara Membuat Prioritas

Terkadang banyak pikiran yang bergejolak di dalam kepala kita. Rasa-rasanya banyak hal yang ingin dikerjakan dan diselesaikan namun kita merasa bingung hal yang mana mesti kita dahulukan. Atau biasanya, karena kebanyakan mikir, akhirnya nggak ada satupun dari hal-hal tersebut yang bisa terealisasi. Nah lho?

Kalau mau dipikir-pikir, membuat jadwal prioritas itu gampang gampang susah. Kita harus bisa bedain mana yang merupakan kebutuhan kita, atau hanya sekedar keinginan. Dan satu lagi, mana yang mendesak! Kalau keinginan, nggak dikerjakan juga nggak apa-apa. Tapi, kalau kebutuhan yang nggak dikerjakan justru itu akan merugikan diri kita sendiri. So, konsisten adalah satu kata yang tepat untuk menjalankan jadwal prioritas yang akan dibuat.


Well, nggak usah panjang-panjang, berikut tips yang bisa saya berikan:
  1. Buat rencana kerja untuk hari esok, sebelum tidur. Kenapa mesti sebelum tidur? Menurut saya sebelum tidur adalah waktu yang paling tepat untuk memikirkan hal-hal apa saja yang akan dilakukan esok hari. Mungkin ada yang bilang, kalau ngatur jadwalnya pas lagi break atau istirahat gimana? Itu sih boleh-boleh saja, namun menurut saya sebaiknya waktu istrahat harus dimaksimalkan untuk sayang sama diri kita sendiri.
  2. Membuat rencana yang mampu untuk dikerjakan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang diri kita sendiri belum tentu mampu untuk menyelesaikannya. Intinya tidak membebani pikiran dengan membuat rencana yang terlalu banyak. Ingat, disini kita hanya belajar untuk membuat prioritas namun tidak mengesampingkan daya kita untuk melakukan sesuatu yang kita nggak mampu.
  3. Jangan salah menempatkan urutan prioritas. Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa kita harus bisa membedakan hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan kita. Kebutuhan harus didahulukan dan lalu keinginan.
  4. Jangan meniru jadwal orang lain. Why? Karena kita adalah bos untuk diri sendiri. Yang tahu akan diri kita adalah diri kita sendiri. So, nggak usah ikut-ikutan dengan orang lain.
  5. Jauhkan diri dari kepanikan dan kecemasan. Ingat, banyak jadwal belum tentu cukup. Intinya jangan tegang, dan tetap konsisten dengan apa yang telah dijadwalkan.
Sekedar share aja nih yah, melakukan hal-hal yang udah saya sebutkan diatas, saya jadi ingat saya pernah bikin prioritas untuk tugas akhir saya. Penampakannya bisa dilihat pada gambar diatas.

Nah, saya bikin jadwal seperti itu di laptop dan saya pasang gambarnya menjadi gambar background dekstop saya. So, tiap hari kalau buka laptop, isinya bisa dilihat dan ketahuan apa yang bakalan mau kita kerjakan. Hari-harinya udah diset. Istilahnya seperti menu makanan harian. Tiap hari kita disajikan ama menu yang berbeda. Silahkan mencobaaa. :)
Posting Komentar