Sabtu, 23 November 2013

Tips Menjadi Orang Cerdas

Banyak orang yang menginginkan dirinya menjadi orang yang cerdas. Penting gak sih untuk menjadi orang yang cerdas? Sekarang, kalian sendiri, apa ingin menjadi orang cerdas? Saya yakin kalian pasti sangat ingin menjadi orang cerdas. Kenapa? Menurut saya, salah satu alasan orang ingin menjadi cerdas adalah agar ia tidak mudah diremehkan oleh orang lain, banyak dikagumi oleh orang lain. Dan agar bisa mendapat pujian dari orang lain. Menjadi pintar itu sudah biasa. Namun menjadi cerdas itu luar biasa.


Bagi kalian yang merasa diri kalian tidak begitu cerdas, ada beberapa solusi yang bisa saya berikan agar kalian bisa tampil cerdas dihadapan orang. Tidak bisa dipungkiri, ketika kita mulai bertemu dengan seseorang, hal yang paling penting bagaimana agar orang itu menilai kita cerdas adalah dengan menggunakan bahasa yang cerdas.
Oke, beberapa tips cerdas yang dapat saya bagikan kali ini.

Rules 1. Orang cerdas, tidak pernah mengatakan "tidak tahu" saja. Orang cerdas selalu mengatakan "saya tidak tahu, tapi saya bisa mencari tahu untuk anda"

Rules 2. Orang cerdas sebisa mungkin tidak akan memperlihatkan wajah kecewa apalagi mengatakan kepada orang lain bahwa dia kecewa. Orang cerdas selalu akan berfikir keras untuk mencari jalan keluar. Apapun jalannya, resikonya akan selalu siap untuk ditanggung.

Rules 3. Orang cerdas selalu berusaha untuk yakin. Ketika seseorang berkata "saya tidak yakin dengan apa yang saya lakukan", tentu kalian bisa menilai sendiri bagaimana pendirian orang tersebut. Oleh karena itu, untuk menjadi orang cerdas, katakanlah "kalau merujuk dari informasi yang saya dapatkan, seharusnya yang saya lakukan ini adalah benar." Optimislah!!

Rules 4. Janganlah terlihat pendiam. Sebisa mungkin, ajukan pertanyaan agar lebih terlihat aktif. Mengapa saya katakan untuk tidak tampil diam? Karena kebanyakan orang memandang bahwa diam adalah sikap yang menyiratkan ketidakpahaman akan sesuatu hal.

Rules 5. Be happy! Wajah ceria, ramah, dan perluaslah pergaulan. Bertemanlah dengan orang yang menyenangkan.

Rules 6. Aktiflah berorganisasi. Rajinlah mengikuti kegiatan seminar, workshop, apapun itu yang bisa menambah pengetahuanmu. Ingat! mengikuti banyak kegiatan, akan menambah banyak pengalaman. Orang yang cerdas tentu akan memiliki pembahasan yang banyak karena memiliki segudang pengalaman.

Rules 7. Rajin buka internet. Ikuti perkembangan dunia. Rajin membaca koran. Tidak ada salahnya juga pengetahuan yang telah kalian dapatkan, bisa kalian share sendiri ke orang banyak. Dengan begitu, orang-orang akan menganggap anda cerdas.

Rules 8. Orang cerdas itu, pandai dalam beretika, berbicara dan berpakaian. Maksud saya, orang yang cerdas mampu menyesuaikan keadaan mereka dengan lingkungan disekitarnya. Mereka tahu cara memposisikan diri termasuk terhadap lawan jenis. Merekapun cenderung hati-hati.

Rules 9. Hargai pendapat orang lain. Orang cerdas tidak akan menjudge negatif seseorang ketika mereka mulai berpendapat. Justru, mereka akan terlihat tertarik dan ketika mereka kurang sependapat, mereka akan memberitahukan dengan baik.

Rules 10. Rajinlah membaca. Perbanyak kosa kata. Sering-seringlah bermain game asah otak.

Semoga dari kalian dapat memahami apa yang saya share kali ini. Hal ini bukan bermaksud untuk menipu orang lain. Saya sendiri percaya, ketika kita telah menerapkan rules yang telah saya tulis ini, tanpa kita sadari orang lain akan menilai kita menjadi orang cerdas. Mungkin kalian merasa diri kalian memakai topeng, sok cerdas, atau apalah. Tapi saya sendiri tidak memandang hal itu sebagai hal yang negatif. Kebiasaan terlahir dari suatu tindakan yang berulang-ulang. Tentu setiap orang ingin menjadikan dirinya menjadi lebih baik. Yakinlah, sikap cerdas dapat menjadi kebiasaan kita ketika kita sering melakukan tindakan cerdas. Memang sulit pada awalnya, tapi tidak ada hal hebat yang dapat kita lakukan sebelum kita melakukan hal-hal yang sulit.
Posting Komentar