Rabu, 27 November 2013

Cara Membuat Dream Book

Halo semuanya? Apa kabar? Saya harap kalian semua tetap sehat selalu. Kali ini, saya pengen share tentang hal-hal terkait impian. Saya punya salah satu buku terjemahan berjudul "Make Your Dreams Come True!" yang ditulis oleh Beverly K Bachel yang kebetulan akan jadi pedoman kita untuk mewujudkan impian. Saya ingat banget, buku ini saya beli di obralan Mizan udah lama banget. Dalam buku ini, saya pengen kalian bisa total dan step by step dalam mewujudkan impian kalian. Jika ada kesulitan, bisa hubungi saya. Soalnya saya juga pengen belajar buat buku impian, sekalian di share.

Oke, saya berharap segala hal yang akan saya paparkan kedepannya ,dapat kalian abadikan dalam jurnal, diary, buku, atau apapun itu. Dan itu sekaligus menjadi buku impianmu. Dalam MYDTC juga memberikan tips untuk memaksimalkan impian kalian.
  1. Eksperimen. Coba deh gunakan buku catatan yang berbeda sampai kamu temukan buku impian yang benar-benar pas buatmu.
  2. Beri tanggal setiap kali menulis. Waktu itu penting agar memberikan referensi yang membantu melihat perkembanganmu. Kamu bakalan takjub kalau melihat kebelakang dan menyadari betapa banyak yang sudah kamu capai.
  3. Gunakan sesering mungkin. Semakin banyak yang kamu simpan di buku impian, semakin banyak manfaat yang didapat.
  4. Sisihkan halaman untuk ide. Tuliskan hal-hal yang pengen kamu pelajari lebih jauh, pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu tanyakan ke orang lain atau ingin kamu temukan jawabannya, dan ide-ide soal kegiatan yang pengen kamu coba.
  5. Tinjau kembali setiap bebarapa minggu. Baca ide yang telah ditulis, Siapa tahu bisa memberi arti baru dari apa yang sedang kamu lakukan sekarang.
  6. Jadilah kreatif! Kamu bebas menghiasi Buku impian mu dengan foto-foto, gambar, kutipan, atau apa saja yang menunjukkan pribadi unikmu.
Setiap hari, kamu dibombardir dengan ratusan pesan yang mengatakan apa yang harus kamu lakukan dan jadi siapa kamu seharusnya. Keluarga, teman, guru, majalah, TV, radio, internet, dan iklan-iklan memberimu banyak pesan. Menjelajahi impian sekalipun itu mungkin mustahil buat diraih, akan membantumu memulai mendesain masa depan yang akan kamu inginkan. Obrolankan hal ini dengan diri sendiri. Coba pikirkan sejenak apa yang terasa pas buatmu.

Sebelumnya, ini adalah bentuk Dream Book yang saya buat. Tenang aja, saya juga akan membagikan templatenya kepada kamu juga. Untuk lebih menvisualisasikannya, kamu print lembaran itu beberapa untuk ditempel di kamar kamu agar tiap hari bisa dilihat, dan juga untuk buku impian kamu sendiri. Berikut penampakan Dream Book saya.


Silahkan terlebih dahulu mendownload font nya via 4shared disini atau via mediafire disini.
Dan download templatenya via 4shared disini atau via mediafire disini.

Untuk memulainya, coba kamu jawab pertanyaan yang telah saya sediakan dalam template dengan sub judul "Apa yang Jadi Inspirasiku?", "Starter Impian", dan "Nilai-Nilai yang Berarti Buatku". Tenang aja teman, saya juga akan menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan diri saya. Jadi, teman-teman memili acuan atau pembanding dalam menentukan impian kalian.

Silahkan download contoh Dream Book milik saya disini. 

Supaya lebih bisa lebih berfikir spesifik soal impianmu dan kenapa impian itu berarti buatmu, renungkan baik-baik. Tanya diri kamu apa yang pengen kamu lakukan sama hidup kamu di masa sekarang dan di masa depan. Pikirkan hal itu dan pertimbangkan hal-hal yang mungkin butuh waktu yang lebih lama, entah karena hal itu nggak akan terjadi sampai kamu lebih dewasa atau butuh usaha yang ekstra. Kali ini, saya ngasih template lagi buat kalian isi sesuai dengan diri kamu. Tulis secepat mungkin, dan nggak perlu khawatir kalau ide itu kelihatan konyol. Pura-puranya kamu punya modal tak terbatas.


Kalo udah selesai, kamu bisa bilang ke temanmu apa yang kamu lakukan, dan dorong mereka membuat daftar sendiri. Setelah semua orang membuat daftar itu, obrolin apa yang kamu tulis. Kamu bisa juga obrolin apa yang menjadi impian mereka. Kamu bisa aja dapat informasi mengejutkan tentang impian mereka.

Selain itu, ada cara lain yang bisa menjadikan impianmu menjadi lebih nyata. Caranya yaitu dengan membuat jejak impian. Jejak impian adalah sebuah kolase (kumpulan gambar, kata-kata, image, dan benda-benda) dari semua yang kamu anggap penting dan inginkan. Adapun tahap-tahapnya:
  1. Cari gambar dari manapun yang menunjukkan hal-hal yang paling kamu inginkan dalam hidupmu atau orang-orang yang menjadi inspirasimu.
  2. Cari kata-kata, kutipan, dan frasa yang mencerminkan karakteristik yang ingin kamu miliki, atau filosofimu tentang hidup.
  3. Susunlah jejak impianmu. Simpan foto diri ditengah-tengah, dan atur sesukamu image, kata-kata, dan benda-benda di sekitar fotomu.
  4. Taruh jejak impian yang sudah selesai di tempat yang bisa kamu lihat setiap hari saat bangun dan sebelum tidur. Bisa juga membuat jejak impian versi kecil untuk dirimu sendiri dalam bentuk buku.

Saya lebih menganjurkan kamu untuk membuatnya secara manual, karena hal itu akan lebih memicu kreatifitas kita dan tentu akan lebih menghargai hasil karya kita sendiri. Namun, menggunakan seperti cara saya juga gak papa, daripada nggak ada sama sekali. Hehe.

Silahkan download template dream booknya disini
Dan contoh dream book saya lagi disini

Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian. Mohon maaf kalau ada yang salah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

NB: Aku sempat buat video tutorial cara membuat dreambook ini di YouTube lho. Cek disini yaa. :)
Posting Komentar